Wednesday, 12 April 2017

3 Langkah Merawat Karpet Bulu di Rumah dengan Baik



Punya karpet bulu di rumah? Kini ada lebih banyak orang memakai karpet bulu untuk menyediakan karpet yang nyaman di rumah, dan tentunya Anda bisa menjadi salah satunya. Karpet memang menjadi salah satu barang rumah tangga yang bisa disediakan bisa pula sebaliknya. Namun ada keuntungan tersendiri bisa diraih tatkala menambahkan karpet pada interior rumah. Apalagi karpet mahal dan desainnya menarik sudah tentu keuntungan yang ditawarkan pun akan lebih banyak.

Keuntungan Menambahkan Karpet di Dalam Ruangan

Penggunaan karpet rupanya tidak hanya untuk kebutuhan rumahan namun bisa pula di tempat umum, misalnya di kantor. Karpet ini nantinya akan membawa keuntungan berikut:

  • Mempercantik dekorasi ruangan sehingga bisa difungsikan sebagai barang hiasan.
  • Membantu meredam suara supaya tidak berisik pada saat di dalam ruangan.
  • Melindungi lantai dari goresan misalnya dari goresan perabotan di dalamnya.
  • Menyediakan ruang yang lebih nyaman terutama untuk berkumpul dengan keluarga.

Keuntungan ini membuat penambahan karpet pada kondisi tertentu menjadi perlu dan tentunya bisa memilih desain yang sesuai. Anda akan sangat memerlukannya jika memang berencana melindungi lantai, menyediakan tempat bermain anak yang aman, dan lain sebagainya. Jenis karpet di pasaran ada banyak dan menentukan pilihan bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan. Misalnya saja jika memang hendak dipasang di ruang tamu maka pilih yang bulunya tidak terlalu tebal. Sebaliknya, jika hendak ditaruh di ruang keluarga semakin tebal semakin baik.

Tips Merawat Karpet dengan Benar

Bagi Anda dan siapa saja yang kebetulan memilih karpet bulu sudah tentu memperoleh karpet mewah namun tidak terlalu mahal. meski beberapa merek memberikan harga yang lumayan tinggi, tentunya bisa disesuaikan dengan budget. Jangan lupa untuk karpet jenis ini dirawat dengan baik supaya awet sekaligus senantiasa nyaman dan terlihat baru setiap saat. Merawat karpet model bulu seperti ini bukanlah hal sulit dan tentu saja bisa dilakukan oleh siapa saja. Adapun kiat merawatnya adalah:

  1. Ditempatkan dengan baik,
Meletakan karpet jenis ini bisa dimana saja asalkan dengan catatan jauh dari tempat keluar masuknya debu. Yakni perlu dijauhkan dari jendela maupun pintu yang menjadi jalan debu masuk ke dalam ruangan. Hal ini penting dilakukan sebab karpet dengan bulu halus dan tebal ini menjadi sarang ideal bagi debu untuk berkumpul. Salah menempatkannya bisa membuatnya mudah rusak, kucel, dan tentu saja sangat merepotkan saat hendak dicuci.

2.                   Memperhatikan kebersihan karpet,
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa karpet seperti ini memang mudah sekali menyimpan debu. Maka selain menjauhkannya dari pintu dan jendela baiknya Anda pun memperhatikan kebersihan karpet. Mulailah meletakan keset di depan pintu supaya siapa saja yang masuk ke ruangan sebelumnya sudah keset dahulu. Sehingga kaki Anda saat menginjak karpet dalam kondisi yang bersih, jangan lupa pula membersihkannya dengan penyedot debu. Supaya tumpukan debu di karpet berkurang sehingga lebih sehat bagi keluarga.

3.                   Cuci secara teratur,
Perlukah mencuci karpet? Ternyata sangat perlu, dan meskipun dibersihkan dengan vacuum cleaner secara teratur mencucinya tetap penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah membersihkan segala bentuk noda di dalam karpet dan membersihkan debu sampai tuntas. Mencucinya tidak perlu setiap minggu cukup sebulan sekali atau beberapa bulan sekali tatkala tampilan karpet sudah nampak kotor. Mencucinya pun bisa memakai jasa laundry supaya lebih praktis dan kualitas karpet bulu tetap terjamin karena laundry biasanya memakai alat khusus.


14 comments:

  1. iya karpet bulu cantik tapi suka nyimpan banyak debu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya debunya ngumpet-ngumpet di balik buulu-bulu :-D

      Delete
  2. Harus disedot biar kincling ya Nyi :) Walau agak males huhuhu

    ReplyDelete
  3. di rumah mamahku ada karpet bulu, perawatannya selain rajin disedot pake vacuum juga titip laundry

    ReplyDelete
  4. kalau di cuci sepertinya harus butuh tenaga extra . .
    kalau ke loundry harus ada dana extra HeHeHe.

    tapi, memang bener Nyi, kalau ada karpet rumah jadi rapi dikit. berantakannya banyak

    ReplyDelete
  5. Hmmmmm, nice info nih. Ternyata karpet juga bisa meredam suara ya mba, baru tau saya. Perawatan karpet bulu ternyata lebih rumit ketimbang karpet biasa...

    Nice sharing mba

    ReplyDelete
  6. Karpet bulu di rumah saya ini termasuk kecil ukurannya. Gak pernah saya keluarin lama-lama dari boks. Soalnya buat properti foto ahahahaha, debu di rumah tuh cepet banget datengnya, jadi kudu bener2 nyimpen karpetnya.

    ReplyDelete
  7. Blum lama beli karpet bulu alias fur rug warna putih, baru itungan hari udah kusam :-(. Btw thanks info tips nya!
    Mulai Investasi

    ReplyDelete
  8. mencuci secara teratur mnurut aku penting

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat