Friday, 3 March 2017

Sebaiknya Makan Timun Setelah Makan Daging yang dibakar

Makan Timun Setelah Makan Daging yang dibakar
Ikan bakar beserta timun

 
Nyipenengah.com - Suka makanan yang dibakar? Atau sering mengadakan barbeque di akhir pekan dengan teman-teman? Dan mengapa pula kalau kita pesan makanan misal: ayam bakar, ikan bakar, lele bakar dan lain-lain itu ada lalapan ketimunya. Pasti dua iris, kadang juga tiga iris selain ada kubis, daun kemangi atau kacang-kacangan.

Bagaimana rasanya setelah kita menghabiskan ayam bakar kemudian menikmati  ketimun? Hmm ... segar sekali bukan, jadi fresh gitu ya? Hahaha ...

Ternyata bagian ikan bakar, lele bakar, ayam bakar atau makanan lain yang disajikan dengan dibakar bisa menyebabkan radikal bebas jika kita memakannya atau tidak sengaja termakan. Justru kadang ada yang demen bagian yang gosong, gitu kan ya? Temen saya ada yang suka, bagian yang gosong. Katanya sih malah lebih enak.

Nah ketimun ini, yang menetralisir radikal bebas tersebut akibat makanan gosong. Vitamin C, poliflenol dan beta karoten pada ketimun mengurangi radikal bebas. Radikal bebas ini berbahaya, karena bisa meningkatkan risiko tubuh manusia terkena kanker. Makanya mengapa kita penting banget untuk mengkonsumsi sayur, buah dan minimalnya lima porsi setiap harinya. Padahal boro-boro ya? Saya anak kost ini jarang banget makan buah. Makan buah kalau kepengen doang atau kalau pas sakit hahaha ... Jangan ditiru ya sob!

Adakah manfaat lain ketimun? Tentu, simak yuk apa sajakah itu.


Mengontrol pemilik tekanan darah tinggi

Pemilik tekanan darah tinggi, sangat disarankan untuk makan mentimun atau juga bisa dijus kalau yang nggak suka dimakan secara langsung. Serat alami pada mentimun, kalium dan magnesiumnya dapat menurunkan darah tinggi yang berlebih.

Perlancar pencernaan

Perut sering mulas? Maag atau kostipas (dimana jarang buang air besar), nah saatnya kita harus banyak konsumsi mentimun nih kawan!

Kesehatan gigi dan gusi dapat terjaga

Masalah radang pada gusi ternyata bisa diatasi dengan makan ketimun. Serat dan sifat ketimun yang dingin akan meningkatkan produksi liur air kita. Mentimun menetralisir asam dan basa di rongga mulut kita, yang akan membuat gigi dan gusi jarang terkena penyakit. Wah .. ini aku banget nih, sering sakit gigi hahaha. Jangan ngejek karena saya jarang sikat gigi ya?


Ingat, jangan lupa makan ketimun ya setelah makan ayam bakar atau makanan apapun yang dibakar.


Salam

16 comments:

  1. wah, selama ini saya ga pernah makan timun setelah makan ikan bakar gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dilalapan ada mentimunnya kak, jangan lupa dimakan hehehhe.

      Delete
  2. Nasihat yang bagus!
    Akan saya ikutin mulai dari sekarang!
    Pastikan untuk mengecek ini yah!
    Dicari 150 Orang Yang Mau Berlian!!

    ReplyDelete
  3. biasanay kalau makan yang bakar2an pastia ad sambal dan lalap, lalapnya pasti ada ketimun

    ReplyDelete
  4. Waw, baru tahu. Makasih tipsnya Nyi, kece deh, soalnya aku suka makan ikan bakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba Wid, semalam aku juga abis makan itu lagi wkwkwkkw

      Delete
  5. Oh...itulah mengapa timun biasanya jadi lalapan kalau pesan ayam bakar dan ikan bakar. Ternyata ada manfaat tersembunyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeh mba Helen, ternyata wkwkkwkw ada something ya

      Delete
  6. Plonco? Baru tahu kalau itu juga nama makanan.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedap enak gurih pokoknya plonco itu mba Wind hehehhe

      Delete
  7. Suka banget sama timun soalnya berair dan segar. Biasanya sih buat lalapan saja. Kadang kalau pas bikin nasgor juga dikasih irisan timun atau pas buat tahu gimbal juga dikasih irisan timun. Pokoknya semua makanan yang pantas dicampur timun, ya campur aja :)

    ReplyDelete
  8. Ketimun, atau mentimun alias timun memang rasanya segar dan bikin sehat ya

    ReplyDelete
  9. Biasanya kalau Makan Lalapan emang selalu ada .....
    buat mulut lebih segarrr

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat