Saturday, 4 March 2017

Jepret Kuliner Ala Anak Kostan




Nyipenengah.com - Ada beragam jenis kuliner di Nusantara kita tercinta, dari makanan yang ringan hingga makanan utama. Tetapi makanan yang bisa cocok dengan selera lidah kita, tidak semua.

Contoh kasusnya, dulu saya seneng banget tiap kali ibu saya membuat daun lung disambel lotek. Aroma sambel dan daun lungnya, membuat liur segera menetes. Maka saya cepat-cepat melahap tanpa berganti baju rumah sepulang sekolah, hahhaa ...

Setelah gede dan tinggal di kota berbeda dengan ibu, saya mencoba membuat sendiri tetapi nggak seenak buatan ibu. Kemudian pernah di deket sekolahan juga ada yang jual, lagi-lagi tidak seenak buatan ibu. Buatan tangan ibu memang selalu  menjadi yang terkhas dan ajaib rasanya ya? Tetapi saya tidak boleh menjudge bahwa rasanya tidak enak, hanya saja belum sesuai selera lidah saya, mungkin itu kalimat yang lebih bijaksana.

Sebagai anak kost yang tidak pernah memasak, saya sering jajan dan makan diberbagai tempat. Dari mencoba satu kedai, warung, angkringan, resto atau emperan. Mencari yang pas dengan lidah saya.

Menurut saya ada dua tipe seorang tester: tipe A yang selalu bilang, "Enak" dan tipe B yang bisa merasakan bumbunya sudah pas atau kurang serta dilihat dari segi penampilan makanan. Dan tipe B lah yang sering saya ajak hunting makanan.

Jepretan kuliner anak kost apaan aja sih? Hahaha ... yah yang nggak jauh-jauh dari bungkus pisang kakak ^_^ 


Tempe Selimut yang hampir semua orang demen

Pepes Bandeng 

Arem-arem
Arem-arem



Jepret Kuliner Ala Anak Kostan
Lontong Pecel

Jepret Kuliner Ala Anak Kostan
Plonco dari Krai dan Sate Keong

 
Asus ZenFone
Nasi Kuning


Asus ZenFone
Nasi Acar Mentimun Segar


 
Asus ZenFone
Es Campur Rumput Laut
Gimana? Jepretan kuliner ala anak kostan udah bisa bikin ngiler belum? Hahaha ... Jepretan diambil dari ponsel kok, bukan kamera yang gede ntuh, hehehe ... Mau bukti? Ada nih, 'ASUS ZenFone', biangnya smartphone bikin bening dan cling!

pic courtesy : funfoodfrolic.com

Sedikit tips sari saya kalau sobat mau membuat jepretan foto kuliner sendiri beberapa di antaranya ialah:

Bidik secara dekat, dengan PixelMaster Camera kepekaan cahayanya sampai 400%. kontras warnanya hingga 200%, kualitas pencahayaan yang dihasilkan sangat baik walaupun objek yang kita bidik tingkat cahayanya rendah. Hebatnya ASUS ZenFone fotoreseptor sesnsornya besar, lensanya f/2.0 wide aperture yang bisa mengumpulkan lebih banyak cahaya dengan hasil yang detail. Hasil dari PixelMaster Camera mengintergrasikan lima lensa guna meningkatkan kinerja optik dan fotonya jelas bebas dari distorsi.

Gunakan pencahayaan alami langsung dari sinar matahari (daylight), bisa juga gunakan fitur 'Panorama', cocok banget buat sobat yang demen dengan panorama indah. Nah teknologi PixelMaster Camera turut andil di sini.

Cari sudut pandang yang menari dari segala penjuru. Semisalnya, kita menggunakan potongan roti Gandjelrel yang diiris, maka tonjolkan bagian itu dari yang lainnya. Maka kita butuh fokus pada irisannya. Gunakan fitur Depth of Field. Pada ASUS ZenFone, efek DOF ini membuat jelas yang ingin kita fokuskan dan yang belakang jadi buram. Pasti berbagai pihak mengira kita mengambilnya dari kamera profesional, padahal kita menggunakan ASUS ZenFone sebagai satu-satunya pilihan. Dan masih banyak banget fitur dari PixelMaster Camera, kita akan ketagihan terus buat jeprat-jepret objek. Dan di googleplay juga ada lho, PixelMaster Camera.



Jadi pinter-pinternya kita aja memaksimalkan penggunaan PixelMaster Camera. Yuk berburu jepretan kuliner lagi dengan ASUS ZenFone. Karena hidup bukan hanya perkara mengenang tapi juga merekam.  Rasa nyaman bukankah lebih dari sekadar cukup untuk memaknai kehadiran? Karena segala sesuatu ada, dikarenakan oleh 'sebab', maka begitupula dengan 'Cinta', ia hadir dengan alasan serta sebab yang kuat. 

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.



Sumber :

http://komputerlamongan.com/ayo-cari-tahu-lebih-lanjut-tentang-pixel-master-asus/

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.asus.camera&hl=in

http://www.gandjelrel.com/2017/02/blogging-competition-jepret-kuliner-nusantara-dengan-smartphone.html


70 comments:

  1. jepret kuliner harus pinter pinter cari angle juga ya, MBak. daaan gadget dari Asus yang menemani dan mengabadikan kuliner dengan hasil yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Astin Asus juaranya gambar bening :-D

      Delete
  2. Waow itu es rumput lautnya bikin laper, pasti seger kalau di minum saat panas panasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha tentunya, mainn sini mas Amir, tak traktir anak kostan kwkwkw

      Delete
  3. Pas banget lagi laper.. Bikin baper. Hehehee

    ReplyDelete
  4. Pas banget lagi laper.. Bikin baper. Hehehee

    ReplyDelete
  5. Daun lung itu apa Mba?

    Btw tempe selimutnya bikin ngiler deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun lung itu glandir mba, adiknya kangkung yang agak licin itu hehhehe

      Delete
  6. Tak bayangin makan nasi acar segar. Krenyes2 suegeeerr, Mbak. Di rumah pada demen nih sama timun. Dicocol sama sambel terasi, wenaaakkk puol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasinya anget ada ikan asine mba Ika wkkwkwkw
      aduhhh ngilerrr

      Delete
  7. Kusuka nasi kuning, jadi pengen icipin es campur rumput lautnya nih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya main kendal sini mba Vit, itu legend lho 25 tahun jualan es campur

      Delete
  8. Pengen nyoba Plonco ih, penasaran sm rasanya

    ReplyDelete
  9. mertuaku almarhum dulu paling suka kalo dimasakin plonco. Aku malah ga pernah tahu ada masakan kayak gini di Semarang..hehe. Sekarang malah ga pernah bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir punah sudah yang jualan plonco juga mba Ika.

      Delete
  10. Wohooo..kakak saya banget ini jeprat jepret kuliner pas masih ngekos d bandung. Hahahaha..sarapan apa aja pasti difoto. Tapi ya gitu deh..hasil jepretnya pasti pas-pasan *oops

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. glandir tahu ga mba Inung?
      satu spesies ama kangkung. tapi dia licin gitu kalo udah dimasak

      Delete
  12. duhh jepretannya bikin laparrrr ;p

    ReplyDelete
  13. sate keong! ok banget si padahal foto pake HP

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate keongnya bumbunya enak mba Helen, sini main Kendal

      Delete
  14. Rasa enak menggugah selera walaupun anak kos yg beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahha, anak kost emang keren kan wkwkwk
      ampun Mpo'

      Delete
  15. Lhaah..arem-areme penampilane bedaa..hehe.. *maklum aku pecinta arem2 jd lgsg DOF ke yg satu itu lainnya buram..haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakak, jare seng dodol arem2 mba Mechta, tapi aku ngerasa itu tuh lempre. Dilema jadinya wkkwkwk
      aku bingung tah hahaha

      Delete
    2. Biasane yg dibungkus gitu mmg lemper..hehe.. Mgkn itu mmg arem2 istimewaa...

      Delete
  16. Plonco krai itu ibuku banget Nyi, krai direbus terus sambalnya gula merah dicampur asem. Baunya enak tapi saya nggak suka karena krainya jadi lembek gitu.

    Paling suka pepes bandeng karena banyak bumbunya. Apalagi kalau bandeng krispi yang beli di pandanaran itu, yummyyy.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bandeng krispi pandanaran enak tenan nek kae mba Anjar wkwkwk bandingke emperan kwkwkw

      plonco enak si lembek dadi ora katosan wkwkkw, maklum gigiku rak kuat nyokot atos2 hahahha

      Delete
  17. Huah es campure menggoda tenan... jd inget zaman ngekos. Menunya hmpir sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos ah hahahhaha
      baleni mba ngekostmu, ayo ben sak kostan wkwkkw

      Delete
  18. Replies
    1. rene nang kendal mba Yun wkwkkw
      mosok Pekalongan terus

      Delete
  19. kerrn fotonya bening kaya pake kamera dslr

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. kesukaanku juga, soalnya penjualnya itu legend banget mba Diah

      Delete
  21. Aku baru denger yg namanya daun lung :D
    Waktu aku ngekost dulu makanan kebangsaan mie instan dan telor ceplok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun lung itu glandir tahu juga ga mba Lian? Kayak kangkung tapi bukan dia.

      Delete
  22. Wuaah aku nggak sempat ikutan lomba ini. Hiksss. Nangis gulung2.

    Semoga menang Nyi Cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak moga menang hahahah.
      Lupa ya ga ikutan? aku ngerjainnya pas hari deadline wkwkkw

      Delete
  23. Es campur ya enaaak mbaa. Jadi pengen hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger banget mba, enak apalagi siang2 pas panas

      Delete
  24. anak kos kaya gini nih yang pasti gemuk *eh

    ReplyDelete
  25. picnya ciamik2 semua mbak...aku juga suka es campur...jadi inget dulu juga pernah jadi anak kos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir semua orang pernah jadi anak kost wkwkwk
      enak sini mba tak traktir es campur ...

      Delete
  26. aku gatau itu daung lung apapan heheh. mungkin beda nama

    ReplyDelete
  27. Es campurnya segaaaaar tuh Nyi. Mauuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau sini kak, main ke Kendal.
      Aku traktir ehhehehe mini kopdar

      Delete
  28. pake asus foto makanan jadi makin kinclong dan menggiurkan

    ReplyDelete
  29. Foto makanannya ya ampunnnn mbak..Bening! Bener banget kl pake Asus, makanan jd ga ada beda sama aslinya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah ambil bisa-bisa hahhahaha
      tinggal bawa nasi sama liat fotonya aja wkkwkw

      Delete
  30. arem-arem belum pernah makan. Mau juga kapan- kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. main sini mba Sil, aku beliiin banyak tapi habisin ya :-D

      Delete
  31. Kirain menu anak kos dedaunan yang dimaksud aneka lalap hihi

    ReplyDelete
  32. Makanannya khas anak kost banget ya Kak. Hohooo. Iya nih harus bidik secara dekat kalo kita gak punya banyak properti foto, jadi fokus ke makanannya aja. Terus, cahaya juga harus cukup. Modal utama banget lah itu. Kalo terpaksa ngambil foto pas malam hari, biasanya aku pake bantuan lampu emergency, Kakak. haha

    ReplyDelete
  33. wahhh makanan sederhana tapi nikmat ini, hemat di kantong juga hahahah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat