Thursday, 2 March 2017

Belajar Youtube Marketing

Youtube Marketing



Nyipenengah.com - Pernah denger iklan yang memiliki tagline, 'Youtube lebih dari sekadar TV?" Saya mendengar itu dari sahabat kantor saya Oky, karena jarangnya saya menonton TV dan hampir tidak pernah karena di kostan saya tidak ada TV. Sebenarnya saya punya TV yang saya titipkan di kantor, hanya karena saya balik ke kost langsung tidur. Eman-eman kalau hanya untuk bayar  tambahan Rp 20 ribu, sementara kostan saya Rp 300 ribu dan anak lainnya Rp 250 ribu.

Balik ke judul Youtube, sadar atau tidak sadar sekarang media TV sering ditinggalkan dan orang telah mengalami pergeseran perilaku dalam mengonsumsi media. Media sosial Youtube ini sangat populer, banyak artis pendatang baru yang awalnya dari Youtube. Artis yang sudah terkenal ramai-rami membuat uploadan cerita mereka di Youtube juga dan memiliki chanel tersendiri. Kita mau nyari apa pun film, drama, sinetron, lagu jadul, lagu baru, atau tayangan di TV yang sempat tidak kita ikuti bisa kita tonton di Youtube.

Dan saya sendiri sering mengunggah hasil video iseng saya ke Youtube juga, guna menunjukkan eksistensi diri bahwa akun saya aktif hahaha ... ini berguna untuk jaga-jaga. Dan kebanyakan sekarang job mencari vloger muslimah dan kelemahan saya masih malu berada di depan kamera, nggak tahu belum pede aja. Tahu kan jawabannya, saya lewat deh! Belum dapet rejekinya di situ, tapi kita bisa belajar hal lain mengenai Youtube  juga kan?

Bukan cuma TV saja yang banyak iklannya, Youtube pun sekarang ada jeda iklannya sebelum kita mengakses video yang kita inginkan. Youtube pun sekarang dijadikan media untuk berpromosi, kita bisa membuat iklan apa saja sesuai kemauan kita. Baik promosi secara hard dan soft selling. Contoh dari iklan soft selling,ialah ikaln video menyentuh dari perusahaan yang memaparkan sebuah cerita terlebih dahulu, membuat penonton yang melihat mengikuti alur ceritanya dan endingnya mereka memamerkan produk mereka. Dulu yang saya sering liat video dari Thailand, yang sering melakukan soft selling tetapi sekarang banyak perusahaan di Indonesia pun melakukan hal yang sama dan saya lebih menyukai iklan yang seperti itu anehnya, hahaha ... bawaanya jadi menye-menye terharu sih!

Youtube Marketing
Youtube Marketing

Banyak perusahaan besar yang menggaet Youtuber untuk melakukan promosi, kemudian youtuber akan menampilkan produk dari perusahaan tersebut. Ternyata mencari duit itu bisa lewat mana aja ya? Dan sekarang Youtuber banyak dicari. Teman saya yang punya produk pun, terkadang melakukan hal serupa membayar youtuber dengan produk dan uang untuk mempromosikan produknya.

Menurut saya menjadi youtuber nggak harus cantik atau ganteng deh, asal kreatif dan percaya diri bisa kok. Lalu, kapan saya harus memulai nih jadi youtuber, hahaha ... aih bukan bidang saya sepertinya nih! Masa' iya harus kemaruk semuanya mau saya jajalin, tapi nggak ada salahanya mencoba kan?  Back to topic lagi nih soal Youtube Marketing, gambaran yang saya dapat dari postingan saya kali ini siapa pun bisa melakukan pemasaran melalui situs Youtube lho! Dan lebih bakalan sering diakses oleh khalayak!

Tidak hanya pebisnis saja yang bisa melakukan promosi di youtube, blogger pun bisa melakukan promosi di youtube dengan menampilkan perjalanan mereka bagi seorang travel blogger. Untuk beauty blogger ini yang sering melakukan review produk dengan memakainya langsung dan ditayangkan di youtube, saya sering melihat dan blogger yang demen masak bisa juga melakukan demo memasaknya dengan direkam, asyik juga tuh! Aih ... jadi mikir, apa yang bakalan aku promosikan ke youtube ya? Kalau kamu apa?



Salam

11 comments:

  1. Blum punya channel youtube kpingin suatu saat buat jg.. kyk vlog gitu ya.. msh mikir ttg apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmailnya kan bisa langsung buat login youtube mba Mut, hahahah ak make gmailku ini.

      Delete
  2. masih harus banyak belajar bikin video yg bagus, punya tips nggak selain kreatif,

    ReplyDelete
  3. aku jarang buka you tube. musti sering2 liat nih video2 keren n inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku seetiap hari buka youtube mba Inn :-D
      kerjanya online je hahahha

      Delete
  4. Krucil malah yg suka bikin video Nyi. Aku masih gitu2 aja, nggak berkembang hikss...

    ReplyDelete
  5. Vloger sekarang lagi in ya mba. Tp aku belum merambah kesana deh kayaknya. Ga bakat di depan kamera, hihi

    ReplyDelete
  6. Belum pede di depan kamera, kakaaakk hihihi.
    Tapi seru sih ya, kalau ngevlog. Suka liat beberapa blogger ngevlog pada jago :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungkin mereka yang demen ngevlog PDnya tinggi, salut ama mereka

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat