Friday, 27 January 2017

Pentingnya Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Menyentuh & Menggendong untuk Perkembangan Bayi


Nyipenengah.com - Pentingnya Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi, ternyata sangat sederhana. Bunda tinggal memberikan sentuhan yang hangat, menggendongnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Setuhan dari bunda juga termasuk stimulasi untuk sikecil.

Nah apa saja tahap perkembangan bayi yang penting? Ini dia:

Usia 3-4 bulan, sikecil mulai tengkurap

Kemampuan tengkurap pada anak, diawali dengan ia memiringkan badannya. Baik ke kanan maupun ke kiti. Ia berhasil bertumpu kepada perutnya lantas bertahan beberapa saat. Sementara bayi belajar berguling di usia 1,5 hingga 2 bulan dan pada 3-4 bulan otot lehernya akan semakin menguat. Ia bisa berbaring, telentang bahkan lengan dan kakinya bisa bergerak semau dia.

Usia 4 bulan, sikecil mulai mengangkat kepalanya

Sebelum bayi mampu mengangkat kepalanya di usia 4 bulan. Sebelumnya ia akan mampu mengontrol derakan leher dan kepala pada usia 2 bulan, kemudian di usia 3 bulan ia mulai mengangkat kepala dan membentuk suduk 45 derajat dengan bantuan bertoang kepada kedua tangan. Sikecil pun akan mulai mencari arah suara orang-orang di sekelilingnya.


Usia 4-5 bulan terdengar pekikan gembira

Saat sikecil merasa gemas atau merasa ia berhasil menginginkan sesuatu ia akan mengerluarkan suara yang tinggi. Ia mulai merespon dan berceloteh dengan riang di usia 4-5 bulan ini.
Misalnya ia akan berteriak, "Aaahhh".

Usia 7-8 bulan mulai memegang benda

Pada usia ini jari jemari si kecil akan sangat terampil. Apabila anda memberikan sebuah mainan, ia akan sigap meraihnya. Dan bila anda memberikan mainan baru lagi, tangan lainnya akan menangkap. Malah mainan yang sebelumnya justru akan dibuang.

Masih banyak hal penting lain mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun yang paling penting di sini ialah, perhatian dan kasih sayang bunda untuk si kecil semenjak bayi akan mengubah respon imun otak anak. Salah satunya sistim kekebalan tubuh anak, akan kebal kepada morfing yang menyerang ketika ia beranjak dewasa.

Sentuhan dan kasih sayang bunda bisa merubah rungsi otak pada anak. Daya tahan anak ketika mereka harus melewati bahaya-bahaya yang mengancam, seperti narkotika pada dewasa nanti. Maka disarankan, bunda-bunda untuk memulai menerapkan sentuhan dan gendongan dengan penuh cinta dalam masa pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Perlu diperhatikan juga, jika pertumbuhan dan perkembangan bayi antara satu dengan yang lain berbeda, tidak akan sama persis. Bunda harus tetap berpositif thingking dan terus melakukan yang terbaik.





6 comments:

  1. penting nih Nyi buat persiapan heheh. Kemarin barusan nengok 2 bayinya Mbak Arinda ma Mbak Via, jadi pingin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen gawe kak wkwkkw
      aku meh gawe mbe sopo wkkwkw

      Delete
  2. Gemes sendiri bacanya :D

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
  3. wahhh lumayan lah untuk menambah bekal sebelum menikah..hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat