Sunday, 25 June 2017

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal


Nyipenengah.com - Sholat Idul Fitri, ialah sholat yang dikerjakan ketika Hari Raya Idul Fitri. Dilaksanakan ketika pagi hari, dua rakaat dan Hari Raya Idul Fitri kali ini, saya sholat di masjid Agung Kendal.  Biasanya saya sholat di Masjid Sabilunajah, Cepiring. Karena kali ini, tante yang di Cikarang nggak mudik saya dan ibu ikut dengan tante Nonok. 

Tadinya tante Lilly, mau ikut sekalian eh ... putranya Abi belum bangun, takutnya nanti kalau bangun nyari emaknya kok nggak ada. Akhirnya kami berlima berangkat Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal. Di sini Sholat Idul Fitrinya lumayan agak siangan, makanya tante Nonok langganan banget sholat di sini. Namanya juga mamah muda yang sudah memiliki putra, pastinya anak-anak kurang suka dibangunin terlalu pagi. Begitu cerita beliau, mengapa memilih masjid Agung Kendal sebagai alternatif. Bagaimanapun juga, yang terpenting adalah niatnya bukan? 

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal

Persiapan apa saja sih yang biasanya kita lakukan sebelum sholat Idul Fitri? yuk cocokin. 


Mensucikan diri dan mandi yang bersih

Mandi wajib biar bersih dan kramas. Jangan lupa wudhu dahulu sebelum berangkat ke masjid, karena pastinya akan banyak yang mengantri. 

Memakai pakaian bersih tidak perlu baru

Pakaian bersih, terbaik dan tidak harus baru dianjurkan, serta memakai wewangian. 

Makan dahulu sebelum sholat Idul Fitri

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari raya Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.”

Berjalan kaki dengan arah tempuh yang berlainan


Misalnya ketika kita berangkat lewat jalur kanan, pulangnya disarankan lewat jalur kiri. Agar yang kita temui orabng berbeda dan kita bisa saling bermaaf-maafan. 

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘ied, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.

Mengucapkan lafal takbir

“Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar wa lillahi ilhamd"
 [Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya]. 

Mengucapkan lafal takbir, ialah pertanda bahwa kita gembira menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. 

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Kendal

Sudahkan dilakukan tadi pagi sebelum sholat Idul Fitri? hehehe ... semoga tidak ada yang terlewat ya, Teman! Sekali lagi saya sekeluarga mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua bisa berjumpa lagi, di Ramadhan mendatang dan  bersilaturahmi selepas Sholat Idul Fitri. Aamiin

Salam 

Fenomena Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Nyipenengah.com - Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin, ya teman-teman. Semoga kita kembali suci, tanpa amarah, tanpa dendam, tanpa hati yang masih menyimpan kesal dan kembali saling mengasihi. 

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, kali ini jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. Alhamdulillah juga bertepatan dengan hari Minggu, jadi ingat waktu merantau ke luar. Berharap lebaran selalu jatuh pada hari Minggu, agar bisa mengikuti sholat Idul Fitri yang biasanya dilaksanakan di Causewabay tepatnya di lapangan Victoria Park. Karena jika lebaran tidak jatuh pada hari Minggu, biasanya minta liburnya susah apalagi yang memiliki tanggungjawab menjaga anak sekolah. 

"OTW sholat ID"

Sebuah chat whatsapp dari sahabat karibku. Ya, dia sedang merantau ke negri tirai bambu. Syukur Alhamdulillah, lebarannya jatuh hari Minggu jadi dia bisa melaksanakan sholat Idul Fitri. Aih, jadi kangen masa-masa di sana. Tapi kalau ada kesempatan buat ke sana lagi, saya nggak mau jadi TKW lagi ah hehehe ... pinginnya datang traveling aja, wisata atau syukur-syukur ada undangan gitu yak! Hahaha ... ngarep. Eits ... tapi ngarep atau berharap sah-sah aja kan? Siapa tahu terkabul dan diijabah. Aaamiin. 

Ucapan Hari Raya Idul Fitri


Selain pengen ngucapin Hari Raya Idul Fitri dan minta maaf lahir batin kepada teman-teman, saya juga kepengen membahas Fenomena Ucapan Hari Raya Idul Fitri yang biasanya meluncur pada SMS, pesan chat, kiriman gambar atau akun media sosial kita. Pasti ramai, bejibun ada yang sama, ada yang lucu dan juga bikin gemas. Iya nggak? Hehehe ... alih-alih daripada mikir yaudah copas aja deh ya, biar simple dan cepet. 

Hayo berapa banyak kalian dapet Ucapan Hari Raya Idul Fitri? Karena biasanya kita nggak bisa ketemu sama temen, saudara, sahabat yang jauh kita mengirimkan  ucapan idul Fitri. Nggak cuman uacapan aja, karena kecanggihan teknologi makin membuat kita merasa dekat. Bisa menggunakan video call langsung. Tetapi banyak juga yang mengirimkan Ucapan Hari Raya Idul Fitri, menggunakan gambar lucu yang berisi ucapan sekaligus. Biasanya kita memilah yang unik, yang lucu dan menghibur untuk digunakan menjadi profile picture di media sosial milik kita. Entah itu BBM, Whatsapp, Telegram, Facebook, Path dan lain-lainnya. 

Ucapan Hari Raya Idul Fitri


Ini dia screen shootan, milik saya yang dapet dari temen. Hehehe ... masih ada beberapa juga, Alhamdulillah dapet ucapan banyak. Saling mendoakan yak! Meski kadang nggak sempat ke balas satu-satu. Apa yang didoakan, teruntuk kamu juga pun begitu, aamiin. 

Semarak Takbir Lebaran Idul Fitri

Semarak Takbir Lebaran Idul Fitri

  
Alhamdulillah sidang Isbat akhirnya menetapkan jika esokMinggu 25 Juni 2017 adalah jatuhnya HariRaya Idul Fitri. Kumandang Takbir lebaran langsung membahanadari pengeras suara baik Masjid maupun Mushola  

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa illa Haillallah-HuwallahuakbarAllahu Akbar Walillahil Hamd". 
  
"Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah MahabesarTiada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar dan segala puji bagi Allah". 
  
Allahmdulillah masih bisa menjumpai lebaran di tahun 2017 ini, Mahabesar Allah yang telah mengaruniakan kita umur yang panjang. Allhamdulillah masih bisa meraih kemenangan, setelah menahan nafsu dan amarah pada bulan Ramadhans sebulan lamanya. Semoga kita masih bisa berjumpa kembali, dengan bulan yang penuh berkah dan rahmatNya, bulan yang mulia dan penuh ampunan, aamiin.  
  
Lebaran kali ini saya mudik di tempat Mbah Nom, dari keluarga bapak. Alhamdulillah juga ibu mudik ke Jawa menemani sayahehehe ... meski hanya kami berdua saya sangat bersyukurKakak saya Bayutidak bisa balik ke Jawa karena aturan kerja di Batam belum mencapai setahun maka dia tidak bisa pulangSementara adik, juga belum bisa balik dan bapak semoga sehat selalu di manapun berada 
  
Semarak takbiran Idul Fitri di sini, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Mushola mengumandangkan adzan, sahut-sahutan. Mungkin karena hujan, pawai takbiran keliling ditiadakan. Biasanya banyak sekali pawai yang lewat, dari anak-anak, dewasa, orang tua menggemakan takbir sambil berjalan dan membawa obor. Seru dan meriah, aku dan keponakan serta saudara yang lain biasanya menonton dari depan rumah mbah nom.  

Ada yang nggak pernah ketinggalan juga, merconkembang api juga cetak-cetok berbunyi tirut meramaikan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Agar malam takbiran yang penuh bahagia dan keberkahan inijangan sampai moment hilang begitu saja. Yuk lakukan hal berikut :  

Ikut berpartisipasi dalam pembagian zakat Fitrah 

Siapa sih yang nggak mau memupuk pahala, apalagi di malam Ramadhan terakhir ini. Sudah menjadi kewajiban untuk umat muslim, mengeluarkan zakat dan memberikan kepada golongan yang berhak menerima zakat fitrah. Ialah golongan tersebut: fakir, miskin, riqab (budak), gharim (banyak hutang), mualaf (orang yang baru masuk Islam), Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), Ibnu sabil (pelajar perantauan / musyafir) dan Amil Zakat (panitia penerima dan pengelola zakat).  
Alhamdulillah saya dan ibu membagikan langsung, zakat Fitrah kami kepada fakir dan miskin langsungIbu sudah ngelist, mana yang wajib kami kunjungi. Lega luar biasa sudah menunaikan kewajiban  

Takbir keliling  

Kerjaan udah beres dalam memersiapkan Idul Fitri di rumah? Boleh banget tuh, ikutan takbir keliling kampung atau kompleks kita. Suasananya bakalan beda dan ada sisi hati yang takjub mengenai kebesaran Allah. Bersama-sama dalam menyerukan asma Allah, pahala berlipat akan kita dapatkan di malam terakhir Ramadhan ini. Tapi jika kita tidak memiliki banyak waktu, takbiran di rumah pun juga seru.  
  
Takbiran di rumah bareng keluarga 

Ada yang suka berkumpul di keramaian ada juga yang menghindari. Nah jika kamu termasuk yang demen ada di rumahTakbiran bareng keluarga pun tak jadi masalahTakbiran disertai game-game seru, agar tak terasa membosankan. Me time bareng keluarga besar kapan lagi coba 
Keponakan saya Arga malah membawa banyak lampion unikketika dinyalakan ada banyak gambar berputar mengelilingi lampion. Selain itu mereka juga menyalakan mercon yang aman digunakan untuk anak kecilmeski begitu suaranya yang memekakan telingan membuat begidik juga hahaha ... tapi meriah 

Abadikan segala moment menjelang lebaran sebelum dan sesudahnya 

Ramadhan berlalu begitu saja? No way, ya! Abadikan setiap moment yang kita jalaniBisa ketika sahurngabuburitmenunggu berbukakuliner Ramadhan entah bersama keluarga atau sahabatJepret dengan ponsel atau kameramusiapa tahu kerinduan kita akan suasana Ramahdan terobati ketika melihat hasil jepretan kala itu 
Semoga malam takbiran kita diberikan kebermanfaatan yang luar biasaaamiin. Malam H-1 Idul Firi yang kita nantikankita rindukan menjadi semangat kita untuk bisa meraihnya di tahun depanAaamin 
 "Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Laa illa Haillallah-HuwallahuakbarAllahu Akbar Walillahil Hamd". 

Mohon maaf lahir dan batinapabila ada salah kata dan perbuatan selama ini mohon maaf. Saya dan keluarga bersar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017. Semoga kita bisa berjumpa lagi pada bulan Ramadhan dan lebaran mendatang, aamiin.  

Salam