Thursday, 15 December 2016

Nutrisi Penting Awal Kehamilan

persiapan awal kehamilan dengan susu Lactamil

Nyipenengah.com - Nutrisi persiapan awal kehamilan sangat penting bagi janin, karena bagaimanapun kehamilan sangat berdampak kepada kesehatan fisik calon ibu. Sering kali saya mendengar cerita-cerita dari saudara, sahabat dan pengalawan calon ibu lain yang mengalami kejadian mogok makan karena mual.

Adapun 6 nutrisi kehamilan yang sangat penting dikonsumsi untuk calon ibu, apasajakah?

Nasi merah, zat besi dan vitamin B pada nasi merah bisa membuat ibu hamil merasakan kenyang yang cukup lama. Vitamin B sendiri akan menjaga sistim saraf dan produksi di sel darah merah, karena ketika hamil volume darah akan meningkat sedikit demi sedikit.

Minyak ikan, asam lemak omega tiga dibutuhkan untuk janin pada perkembangan mata dan sistis saraf jabang bayi. Nah, sumber lemak omega 3 ini banyak terdapat di ikan salmon. Memang  harganya cukup tinggi, tetapi kita bisa mengalihkan ke ikan lalin seperti ikan kembung. Tetapi disarankan juga untuk ibu hamil, jangan mengkonsumsi ikan kebanyakan karena adanya kandungan polutannya.

Sayur mayur, kita tahu dong ya kalau bayam mengandung sumber zat besi, serat, folat dan vitamin C. Ibu hamil amat sangat harus mengkonsumsi bayam, bayam ini juga akan mencegah sembelit.

Daging merah, calon ibu harus mengkonsumsi daging merah. Mengapa? agar si ibu tidak mudah terkena anemia. Daging merah salah satu sumber zat besi dan sumber protein. Tetapi perlu diingat untuk menghindari, mengkonsumsi hati karena ada kandungan retinol yang berbahaya untuk bayi.

            Pisang, pisang memiliki kandungan yang dibutuhkan ibu hamil untuk mengatasi kaki yang membengkak atau saat kram. Karena pisang mempunyai khasiat potassium yang bisa mencegahnya. Dalam pisang sendiri kaya akan serat, serta gula yang bisa membuat kenyang ibu haml. Serat pisang juga bisa lho, mengatasi sembelit. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sehari-hari.

Buah Kiwi, banyak sekali kandungan citamin C-nya dibandingkan dengna jeruk. Kiwi ini juga kaya antioksidan dan memiliki banyak kandungan folat bagi perkembangan bayi. Nah sudah lengkap kan ke 6 Nutrisi Penting Awal Kehamilan.

Di antara itu semua, calon ibu juga harus banyak minum air putih minimalnya 8 gelas sehari dan nutrisi persiapan awal kehamilan dengan susu Lactamil tentunya. Semoga kandungan bunda sehat selalu, hormon yang bereproduksi subur hingga kelahiran adek bayinya, aamiin.


Salam

4 comments:

  1. Teorinya memang asik. Tapi pas ngejalanin kadang nggak sesuai. Nggak doyan apapun. Bau bawang aja hok. Lihat buah pening. Huhuhu, jadi berbahagialah kalo pas hamil makanan bisa masuk perut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aku belum ngerasain gimana hamil itu :-D
      bagi tips2 aja kak, di blogmu soal parenting juga kak :-D

      Delete
  2. Berapa minggu lagi lahiran, dan alhamdulillah kehamilan pertama ndak banyak yang aneh-aneh, huhuhu, thanks for sharing mbaknyaaa

    Salam,
    Kesya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat