Wednesday, 23 November 2016

Menyoal E - commerce yang Ada di Indonesia

E-commerce di Indonesia


Nyipenengah.com – E-commerce ialah pemasaran barang maupun jasa, melalui sistem elektronik. Bisa seperti internet, televisi, website, situs dan jaringan lainnya. E-commerce ini hanya melibatkan dana elektronik, mengumpulkan data dengan otomatis, manajemen inventori maupun pertukaran data elektronik.

Dalam dunia bisnis e-commerce  di Indonesia ini berkitan dengan transaksi komersial. Cakupannya juga luas, bukan sekadar jual-beli atau perniagaan saja, terlebih kepada kolaborasi mitra bisnis. Dalam pemerintahan sendiri ada yang namanya BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Republkik Indonesia. Gunanya untuk apa? Sebagai penghubung utama anara dunia usaha milik kita dengan pemerintah.

BKPM mempunyai mandat besar untuk mendorong, investasi secara langsung dari dalam maupun luar negri. Dengan melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif.

Menyoal E-commerce di Indonesia ini, BKPM bersama Kemendag dan Kemkominfo, membahas secara tuntas mengenai kepemilikan pada sektor asing lebih kepada ekonomi digital.

"Sektor e-commerce di Indonesia dibuka 49%, sementara usulan untuk kepemilikan asing dibatasi 33%, minimal investasinya US$15 juta", ucap Franky Sibarani kepala BKPM memberi keterangan kepada media.

Tentunya panduan investasi sejenis ini, bisa diharapkan memayungi ide bisnis dan kepastian hukum bagi para pelaku usaha. Agar iklim  usaha yang terbangun dengan baik. Karena di Indonesia e-commerce memang sedang mengalami, masa kreatif, edukatif.

Jasin Halim, mengungkapkan pengharapannya agar pemain e-commerce lokal akan lebih dilindungi dari pada pemain yang dari luar. Karenas siapa pun tahulah ya, Insonesia hanya dijasikan pasar, pihak asing juga menghindar jika harus membayar dan taat pajak.

                Adapun visi dan misi BKPM memiliki sembilan prioritas

·         Melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga
·         Membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya
·         Memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan
·         Melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum
·         Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia
·         Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional
·         Mewujudkan kemandirian ekonomi


Sementara menurut Presiden RI, e-commerce bisa menjadi modal yang utama bari pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah untuk  memasarkan produknya. Dengan begitu e-commerce di Indonesia bisa menyumbangkan pertumbuhan ekonomi , semakin lebih baik lagi. Karena kondisi geografis Indonesia sendiri mempunyai 17 ribu pulau, bukankah suatu kewajiban buat pemerintah untuk membangun industri e-commerce. Oleh sebab itu pulang paket Kebijakan ekonomi ke -14 turun dan memfokuskan kepada industri e-commerce. Agar bisa meningkatkan kegiatan ekonomi di masyarakat dan seluruh Indonesia agar efisien.




2 comments:

  1. Bener deh, bener2 harus bener melek tegnologi ya Nyi. Tengkyu banget informasinya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat