Monday, 7 November 2016

Cara Memilih dan Membeli Laptop yang Sesuai untuk Kebutuhan


Memilih Laptop


Nyipenengah.com - Ketika seseorang berencana memilih laptop atau membelinya, pastikan harus yang sesuai dengan kebutuhan. Karena zaman yang serba canggih ini, perusahaan teknologi pun berlomba-lomba untuk menarik minat konsumen. Dari spesifikasi, desain, dan beberapa hal lain yang harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai ketika sudah dibeli anda menyesal di kemudian hari, karena tidak sesuai dengan ekspetasi.

Maka sebelum memilih dan membeli laptop, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal. Karena antara laptop, netbook dan notebook itu  memiliki perbedaan.

Netbook memiliki layar kecil, berukuran 6 sampai 13 inchi, spessifikasinya tidak tinggi karena processornya kelas bawah. Ciri netbook lainnya, ia tidak mempunyai DVD-ROM.

Layar notebook sebesar 13,1 hingga 18 inchi, dibekali dengan processor yang mumpuni, harddisknya besar dan spesifikasinya kurang lebih sama dengan PC, ia juga memiliki DVD-ROM, sementara laptop ukurannya lebih besar dan di atas 18 inchi, ia juga lebih berat. Tetapi, sekarang ini laptop dan notebook hampir sama.

Setelah tahu perbedaan netbook, notebook dan laptop sudah yakin mau memilih yang mana dan ukuran berapa? Selain itu perlu yakinkan dulu dan sesuaikan dengan apa yang kita mau, dilihat dari:

Laptop yang kita butuh

Saat kita sudah yakin ingin membeli sebuah lapto/netbook/notebook, kita harus tahu persis dengan kebutuhan yang kita gunakan nantinya. Laptop untuk penulis, akan berbeda dengan kebutuhan laptop progamer. Maka sebaiknya kita telaah lebih dulu untuk mempermudah pilihan kita:

Sekadar untuk kebutuhan kantor
Misal seperti browsing, membuat tugas/laporan saja, kita tidak butuh spesifikasi tinggi. Cukup untuk yang bisa memenuhi dalam membuat laporan atau tugas.

Jika untuk Desain Grafis
Maka dibutuhkan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi. Performa yang cepat dan memiliki DVD-ROOM

Sementara laptop untuk yang demen main game
Pastinya membutuhkan spesifikasi yang bagus, kualitas warnanya bening dan tajam. Processornya harus yang mumpuni.

Sesuaikan dengan Budget

Setelah yakin mau spesifikasi yang seperti apa, liat juga ketebalan kantong kita. Budgetnya berapa dan harga laptop yang kita inginkan, jatuh diangka berapa. Kalo kita berencana buat beli yang diinginkan, tapi keadaan kantong jadi nggak sehat dan kita harus merelakan nggak makan berhari-hari, ini perlu diwaspadai. Kalau kita hanya untuk dipakai di rumah saja dan nggak perlu dibawa kemana-mana, pilih yang ukuran agak besar. Namun jika laptopnya akan sering, kita bawa pergi pilih dengan layar yang agak kecil agar mudah dibawa. Misalnya kedepannya kita berkeinginan untuk membeli laptop yang lebih baik lagi, pilih yang harga jualnya tidak jatuh nyungsep. Kalau kita orang yang mudah bosan, suka upgrade sebaiknya pilih  brand yang memiliki daya jual tinggi walaupun sudah second.


Garansi dan service terjangkau

Kita harus tahu berapa lama masa garansi laptop yang kita beli. Apakah service centernya juga terjangkau, dengan tempat tinggal kita. Misalnya terjadi kerusakan pada laptop, kita bisa langsung menuju ke service centernya. Perhatikan juga masa garansinya.

Laptop dengan desain kekinian

Laptop yang paling hits saat ini ialah, yang bisa dilepas layarya dan touch screen seperti model handphone/tablet pun bisa dibolak-balik. Jenis ini bisa anda pilih, untuk yang mengingkan desain elegan dan keren. Tetapi jika yang kita butuhkan bukan untuk gaya-gayaan, pilih yang standart saja. Karena jenis model laptop yang bisa lepas/touchscreen ini mempunyai budget yang lebih besar dan mahal.

Coba dan cek kondisi laptop yang sudah dipilih

Sebaiknya wajib untuk kita mencobanya dan mengecek kondisi laptop, sebelum kita bawa pulang. Bukan karena tidak percaya, namun lebih kepada menghindari kerusakan dan mendapatkan barang yang berkualitas. Biasanya pun pihak toko menyediakan laptop yang sama sebagai bahan untuk kita pergunakan. Maka ambil kesempatan ini, untuk mengetahui fitur/performa laptop yang sedang ingin kita beli.

Bonus pembelian

Karena harga laptop lebih mahal daripada harga handphone. Biasanya sering ada pemberian bonus tambahan, semacam mouse, pelindung LCD, flashdisk, pembersih LCD, tumblr dan lain-lain. Tanyakan kepada pihak penjual, apakah ada bonus pembelian. Alih-alih kita akan menjadikan langganan toko tersebut. Seperti menjalin kerjasama lanjutan dan kita bisa merekomendasikan toko tersebut kepada teman.

Udah tahu kan, hal apa saja yang dibutuhkan sebelum  Memilih dan Membeli Laptop yang Sesuai untuk Kebutuhan? Semoga postingan ini bisa membantu. 






28 comments:

  1. Berguna bgt, lagi nyari2 macbook juga, nice info

    ReplyDelete
  2. Sempet kemaren si leppy lama mau dganti, tapiii... masih cintrong jdnya ga jd. Tp noted nih, tfs mb

    ReplyDelete
  3. Laptopku minta istirahat tapi aku masih butuh buat kerja >,< Semoga dapat rejeki buat ganti yang baru

    ReplyDelete
  4. Memilih laptop memang harus sesuai kebutuhan ya. Pengin cari laptop buat anakku nih :)

    ReplyDelete
  5. Yup...
    saran terbaik adalah pilih spesifikasi yang sesuai
    minimal untuk RAM dan Prosesor udah bagus dan mencukupi dalam setiap penggunaaan software
    jadi pekerjaan tidak tersendat akibat hank atau lags pada program

    ada bagusnya make machintos dari apple computer, cuman ya budget harus mencukupi jika ingin make itu haha
    maklum, apple comp cukup tangguh dan mampu mengcover banyak sekali kebutuhan software maupun fasilitas untuk yang kerja ekstra dengan PC

    ReplyDelete
  6. Iya bener banget, belilah sesuai dengan kebutuhan ya agar bermanfaat. Aku masih pake yang lama, karena masih cintaaa hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. punyaku juga udah ganti hardisknya, sekarang ini malah sering make punya kantor :-D

      Delete
  7. Iya, kalau beli yang gak sesuai dengan kebutuhan dan gak sesuai budget itu rasanya bisa bikin kantong bolong yang bisa bikin mata pedih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngempet sana - sini ya Peh, kalo maksain kehendak hahahah

      Delete
  8. Aku kalo beli laptop biasanya percayakan sama suami soalnya dia udah tahu banget yang sesuai sama kebutuhanku, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada yang udah paham salah satu gitu rasanya lega ya mba Na :-D

      Delete
  9. Hehehe aku kalau leptop sebenarnya cuma buat nulis dan browsing. Leptop yg di rumah ini speknya sbnrnya buat programmer, krn milik suami. Lagi nabung buat beli leptop imut yg speknya biasa aja jd ringan ko dibaa kemana2. Tp nabung duluuuu hehe

    ReplyDelete
  10. wahhh..ini artikel kebetulan banget deh mba..aku lagi nyari laptop buat dibawa ke aussie soalnya..TFS mba!

    ReplyDelete
  11. Artikelnya bermanfaat banget... lagi liat liat laptop yang cocok...

    ReplyDelete
  12. Sepakat Nyi, harus sesuai kebutuhan agar gak mubazir fitur karena jarang dipake.

    ReplyDelete
  13. Pinginnya laptop yg super lengkap. Tapi aku bisanya makai aja, Nyi. Untuk perawatan wassalam, nggak mudeng kecuali yg standart2 :)

    ReplyDelete
  14. Setuju, Mbak. Jika mau beli sesuatu memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sayang juga, misalnya kita beli laptop yang canggih, tapi banyak aplikasi yang tidak digunakan.

    ReplyDelete
  15. Kalau budgetnya terbatas,
    apa pertimbangan utama untuk membeli laptop, fiturnya ada dalamannya ya?
    thank

    ReplyDelete
  16. Sibb, makasih boss. Biasanya ane dulu beli laptop yah karena baru aja laptop nya. Ga pernah terlalu merhatiin spech :-p
    cotton on sale | bumi berotasi

    ReplyDelete
  17. Iya, ya kalo terlalu mahal mesti ada plus-plusnya; bonus aksesoris etc.

    ReplyDelete
  18. Nice tips. Saya pernah beli notebook 📓 yang ukuran 10", saya pikir bisa untuk editing video, ternyata nggak mendukung, karena ukuran resolusi layar yang cuma 10".

    Akhirnya beli yang 14", dan bisa sampe sekarang, tapi rasanya udah jadul speknya, mau ngelirik yang lebih tinggi speknya, biar video editing saya semakin OK! Saya bookmark dulu aah

    ReplyDelete
  19. Hehe makasih udah dibilang keren
    sebenernya cuman ikut2an aja belajar komputer kok mbak :p

    ReplyDelete
  20. Benar, Nyi. Kalau aku laptop hanya untuk browsing, blogging, writing, dan watching. Hehehe.... Tapi kalau untuk suamiku dia butuh yang spek tinggi karena kerjaannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat