Sunday, 25 September 2016

Twitter E-Commerce | Jualan Online di Twitter sudah menjadi Gaya Hidup

@NyiPenengah


Nyipenengah.com -  Sudah bukan rahasia umum lagi lah, ya kalau twitter kini sering dijadikan ajang untuk berjualan. Twitter E-commerce sangat familiar dan sudah menjadi gaya hidup internet di tanah air Indonesia. Bukan hanya twitter saja, namun instagram juga sudah mewabah bagi pelaku usaha menjalankan aksi untuk berpromosi.
Banyak sudah pengusaha dan perusahaan mengakui jika kiprah twitter sangat mendongkrak kinerja penjualan sebuah produk. Mengapa dan kenapa  twitter apik dijadikan ajang promosi? Ada beberapa alasan yang mendasari:

Go viral

Viral menjadi kosa kata yang sering diucapkan pada media sosial akhir-akhir ini. Viral sendiri disebut sebagai tekhnik komunikasi yang memanfaatkan jejaring sosial untuk mencapai sebuah tujuan. Sepeti virus yang terus menyebar luas dengan cepat. Begitu juga informasi apa pun yang dibagi pengguna ke twitter akan menjadi virus dan menjadi berantai dari satu ke yang lainnya.

Penjualan tertarget

Komunitas pada jejaring sosial sangat banyak, mereka berkelompok sendiri sesuai dengan minatnya. Ada yang suka traveler membentuk komunitas traveler, yang ngefans dengan artis membentuk fanbase sendiri dan lain-lain. Dan ini yang menyebabkan kekuatan informasi langsung menyebar dengan cepatnya. Pengguna twitter bisa langsung tertarget.

Berkomunikasi secara langsung

Interaksi yang terjalin pada twitter lebih banyak terjadi secara langsung, jadi hubungan penjual dengan pembelinya akan semakin dekat dan emosi terjalin kemudian. Bagaimana komunikasi dua arah ini terbentuk tentu saja bisa memberikan dampak yang baik. Seperti ketika kita berjualan offline, cara ini menjadi ajang silaturahmi antara penjual dan pembeli.

Setiap saatnya

Informasi tentang sebuah produk  yang sudah launching, baru dibuat dan akan launching di twitter sangat cepat tersebar. Begitu juga dengan produk  yang sedang, sale besar, diskon karena event hari tertentu dengan cepat menyebar. Dengan begitu persaingan antar perusahaan sering terjadi, pun pemasaran via twitter tidak membtuhkan dana yang besar. Perusahaan bisa menggunakan sumber daya yang ada, seperti bekerja sama dengan buzzer, blogger dengan bayaran sesuai kesepakata. Kampanye akan sebuah produk jauh lebih efektif disebar via twitter daripada media konvesional sendiri.

Buat profile menarik

Tidak ingin kan kalau bisnismu dicap abal-abal? maka buatlah profil yang menarik, dari avatar, bio, header yang bisa mendatangkan konsumen baru. Jangan lupa sertakan kata kunci produk yang dijual. Karena followers yang tepat bisa menjadi pengaruh target akan hasil penjualan.

Menjadikan Twitter kita sebagai E-commerce juga perlu diwaspadai, promosi  dengan sifat hardselling cenderung tidak disukai. Pengguna twitter jadi tidak nyaman maka gunakan cara yang elegan. Tidak hanya promosi produk saja, tapi dengan pembekalan edukasi, informasi manfaat kenapa produk kita layak mereka beli.


Mau menambah follower dengan cara manual? Yuk, langsung aja follow twitter saya di @nyipenengah. Saya akan follow back kamu. Karena cara manual, lebih baik dari pada membeli followers dengan instan. #FollowForFollow

14 comments:

  1. Udah lama ga terlalu aktif di twitter, paling sesekali aja. Ternyata bisa juga ya mba buat ladang bisnis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah sekarang pada pindah jualan ke IG mba Shona, hahaha entah setelah IG apa lagi ini :D

      Delete
  2. Aku aktif di twitter buat cuap-cuap personal mbak. Tpi sejauh ini emang resah klo promosi lwat twitter pake hardselling... hee

    ReplyDelete
  3. Saya gak maksimal menggunakan twitter, Mbak. Hanya untuk share postingan aja he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, soalnya kalau mau isi jualan itu takutnya nyepam :D mending disendiriin aja. Dipisah ama akun jualan akun pribadi kita

      Delete
  4. Baru mau coba aktif lagi
    Masih mikir materi apa aja, jgn samapi cuma curhat apa nyinyir. Hihihu

    ReplyDelete
  5. Waaahhh ...
    tapi yakin, deh, mbak, semua akan kembali ke facebook :D

    Sekarang juga banyak yg jualan di FB, terlebih ada FB Ads yang banyak trik dan toolsnya, coba deh, mbak. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekkeke udah coba mas :D
      manjur kalo saldonya banyak kalo kosong ya mlompong

      Delete
  6. Apalagi kalau hastag yang digunakan tepat ya mba... bisa jadi tranding dan meningkatkan ketertarikan calon pembeli...

    ReplyDelete
  7. Twitter awalnya dipake buat kuis sama anak-anak. Baru nyadar ternyata banyak dipake buat promo juga^^

    ReplyDelete
  8. kalau saya sih masih agak kesulitan menggunakan twitter buat media promosi mbaa.

    pengennya sih pake tw atau ig juga gak cuma fb buat promo produk.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat