Monday, 6 May 2013

Book Review "Sorry That I Love You"


Judul : Sorry That I Love You

Author : Aveus Har

List Price : 22.500

Penerbit : Media Pressindo

Tahun Terbit : 00-03-2013
ISBN : 9799112389


Sinopsis Buku:

Ketika berada di dalam kamarku yang penuh dengan impian, aku baru menyadari, jangan-jangan ini petunjuk yang sempurna untuk meneguhkan hatiku. Bahwa demi keseimbangan kosmos, cowok tampan memang seharusnya menjadi pacar cewek jelek. Dan meskipun banyak cowok mengingkari takdir keseimbangan ini, masih ada yang mematuhinya.

Jadi, aku tidak perlu kuatir dengan impianku.

Setidaknya ada fakta bahwa putri buruk rupa pun bisa mendapatkan pangeran tampan. Jadi bukan hal mustahil aku juga bisa mendapatkannya. Dan ramalam Madame Unezo itu akan terbukti.



***

Kata seorang peramal, Yuli akan bertemu dengan cowok tampan, yang bakal menjadi pacar pertama dan terakhirnya, sebelum ulang tahunnya yang ketujuh belas. Si peramal hanya memberi satu petunjuk: celana. Dan dimulailah petualangan Yuli menerjemahkan petunjuk sang peramal, sekaligus mencari cowok yang ada sangkut-pautnya dengan… celana! Berhasilkah Yuli bertemu dengan sang pangeran celana?




My Review : 


“Kita boleh memercayai sesuatu dan memerjuangkannya, tetapi bukan berarti kita harus jadi obsesif kan?  [halaman 45]

Yulia gadis berumur 16 tahun yang bersahabat dengan Romi. Mereka datang dalam acara Ride Off Party, begitu gelisah gadis itu ingin sekali memasuki  tenda peramal yang membuka stand di sana. Madame Unezo seorang peramal cantik yang memberi kata kunci untuk Yulia “dia adalah celana”, maksudnya segala hal yang berhubungan dengan celana, di situlah Yuli akan mendapatkan pasangan
Sebelum ulang tahunnya yang ke 17 Yulia ingin segera lekas punya cowok. Ditemani sahabatnya Dista, Yulia sering nongkrong di mall, berburu cowok yang berkaitan dengan celana, pilhan distro celana menjadi acuan utama Yuli berburu. Tapi semenjak Dista jadian dengan David, Yuli sering diabaikan. Yuli merasa persahabatannya tidak penting buat Dista, ia lebih memilih jalan dan menuruti segala kata-kata David. Yuli mahfum karena mereka baru jadian, tapi lama kelamaan Yuli sadar juga persahatannya bukanlah apa-apa di mata.

“Persahabatan itu seperti untaian kalimat, untuk menjadi untaian itu setiap kata butuh spasi. Butuh jarak” [halaman 93]

Yuli memiliki obsesi yang besar untuk mendapatkan cowok tampan seperti yang diramalkan Madame Unezo. Ajakan Romi untuk bertanding bulu tangkis tidak ditanggapi Yuli, ia lebih memilih berburu cowok. Tapi menit berikutnya Yuli setuju karena lawan main yang di bilang Romi cakep.  Yuli itu konyol banget, mencari-cari cowok hanya karena ramalan. Ia juga harus memiliki cowok yang tampan. Romi tidak berarti buatnya, padahal ia sahabat yang sedari kecil menemani, selalu ada kapan saja buatnya.

Dari Yuda si cowok yang hanya memanfaatkan cewek untuk kepuasan semata, berhasil menjaring Yuli masuk perangkap. Sandi yang menulis puisi untuk Betty dan puisi tersebut terselip di buku yang dipinjamnya dari Yuli, membuat Yuli menebak bahwa Sandilah pangeta itu. Aldo kakak kelas yang Ayahnya seorang juragan celana turut menjadi target Yuli. Dari Yuli yang minder menjadi Yuli pemberani yang berani berkenalan dengan cowok. Didukung oleh tokoh Linda, Karin, Dista, Allisa, dan Gugus sang Kakak.


Yuli berhasil membuktikan, bahwa cinta itu sebenarnya ada dan tidak memandang wajah saja. Karin yang memakai kaca mata tebal, gigi yang dipagar bisa mendapatkan cowok secakep kakak Yuli. Gugus lebih memilik Karin yang biasa saja dari pada Dista yang cantik banget. Yuli juga yakin ia akan mendapatkan pangeran tampan. Bukan Romi yang biasa saja, meski lumayan.  Siapakah yang akan berhasil menjadi pasangan Yuli? Atau ia akan bersikukuh mencari pasangannya seperti ramalan Madame Unezo? Dan bagaimana persahabatannya dengan Dista, membaik atau malah semakin memburuk?
Saya menikmati sangat cerita yang ditulis Aveus Har. Tidak dibuat-buat tapi mengalir begitu nyata. Saya harus mengakui bahwa beliau sukses menghidupkan cerita dan tokoh-tokohnya. Novel ini juga memberikan makna positif tentang pergaulan remaja yang melenceng dari norma. Karena pergaulan Linda yang salah sehingga menyebabkan ia hamil duluan, dan ia tidak bisa bersekolah lagi.
 Kekurangan yang tampak hanya bagian setting, saya berharap novel berikutnya, beliau lebih memperbanyak memaparkan setting tempatnya. Segi dialog, alur/plot, narasi dan deskripsinya sukses. Saya menyukai novel ini, bahasa yang digunakan juga tidak kaku. Meski Aveus menggunakan kata “kau” untuk kamu. Yang biasanya jarang dipakai oleh orang Jawa Tengah, tetapi itu sah-sah saja. Pov 1 yang dipakai pun membuat saya lebih menikmati. Ending yang manis dan masih berpikiran begitu konyolnya Yuli.
Yang ingin berkenalan dengan beliau silakan add : 
FACEBOOK : AVEUS HAR  


2 comments:

  1. oh, terima kasih... aku senang kau menyukai cerita ini. Semoga aku bisa menghidangkan cerita yang lebih bagus lagi untukmu, ya...

    ReplyDelete
  2. hihihi siap menunggu, aku sukaa novel ini sangat suka

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat