Thursday, 21 November 2013

Kado yang Mendewasakan

Percaya sama Allah apapun  pernah terjadi pada diri kita, baik dan buruk, senang atau sedih, itu adalah yang terbaik untuk kita

Nggak semua hal yang kita lewatin itu menyenangkan, ada kalanya kita dilimpahi kesedihan, tinggal bagaimana kita meramu kesedihan itu menjadi suatu sebab yang dapat kita petik sebuah pelajarannya.
Happy Bday Empieee dan blognya, semoga kesehatan, kelanggengan, kesuksesan selalu menaungi kamu, juga orang-orang yang mendoakanmu. Amiin.

Kebetulan bulan kita bday samaan, cuman beda tanggal :D aku enem kamu 28 :D
flash back ke tanggal enem kemarin itu, dapet ucapan ulang tahun dari temen-temen, ucapan ulang tahun dari mas pacar dan soulmate "matahari" dan yang paling berkesan adalah baliknya bapak ke rumah. Yah ... sedikit insiden kecil yang membuatku kembali trauma ke masa yang udah di lewatin dulu-dulu.

Masalah adek yang kehilangan uang setorannya di kantor, dan sedikit menuduh bapak yang mengambilnya, dengan sedikit umpatan. Adek yang sms ibu, lalu sms itu dibaca bapak karena bapak mengambil hape ibu tanpa sepengetahuan ibu saat beliau sholat. Aku melihat kejadian semuanya. Tiba-tiba bapak bawa sapu lidi lalu disabetkan ke tubuh adek, aku dan ibu segera memisah mereka.

Serangan umpatan dari bapak bertubi-tubi menyumpahi adik, ucapan yang tak sepatutnya diucapkan oleh seoarang bapak kepada anaknya, lalu semua benda melayang-layang dengan satu titik pusat menuju ke adek. Aku yang sekarang sudah besar dan berani melawan tidak seperti dahulu hanya bersembunyi di balik kolong tempat tidur, kini membela adekku.  Tidak seharusnya adek mengumpat dengan kata kasar mengatai bapaknya, namun ulah bapak memberitahu dengan ringan tangan menjadikan semuanya semakin berantakan. Aku yang membela pun terkena imbas lemparan-lemparan yang ada di sekitarnya.

Ibu mulai menangis memisah, kecewa dengan perlakuan bapak yang memborbardir kami dengan benda-benda mati. yang dilemparkan kepadaku dan adik. Adik segera mungkin kusuruh pergi kebetulan waktu itu akan berangkat pendidikan bahasa Korea, kini tinggal aku dan ibu jadi sasaran kemarahannya. Aku berlari keluar rumah menunggu suasana mereda, aku menangis di sudut depan rumah kontrakan orang, ibu di dalam menenangkan bapak.

Tuhan, ... bisakah hari ulang tahunku ini ada hal termanis yang bisa kuambil kenangannya? di tengah kalut yang mengigil, hanya doa-doa yang sanggup kuudarakan ke langit, sadarkanlah bapak ya Rabb, jangan biarkan lagi berlian-berlian itu jatuh dari mata ibu. Rumah kami menjelma sungai berlian, berlian yang dihasilkan dari mata ibu ... bapak kembali pergi dari rumah, dan ia bersumpah  tidak akan kembali sebelum anaknya mati. Semoga doa jelek yang diucapkannya tidak akan pernah terkabul.

Sumber: google.com

katakan bagaimana kami harus mencintaimu Dad, dengan cara bagaimana?

OnetNET, Bugangin
21 November 2013/9:20






Friday, 20 September 2013

Book Review " Bubble Love"

Judul : Bubble Love
Penulis : Fei & Lia Indra Andriana
Penerbit : Sheila - Penerbit Andi
Tahun : 2011
ISBN : 9789792926125

Blurbs :
Vivian syok saat Seon-Ho tiba-tiba memutuskannya tanpa alasan yang jelas. Vivian jelas tidak terima. Ia pun berkali-kali meminta penjelasan, tapi Seon-Ho bergeming. Vivian berang, makin bertambah berang ketika mengetahui bahwa Seon-Ho berpacaran dengan anak SMA!

Berniat membalas dendam, Vivian mengubah penampilannya menjadi gadis yang lebih liar. Ia bahkan setuju berkencan dengan Andros, playboy nomor satu di kotanya. Sebenarnya Vivian cuma punya satu tujuan, membuat Seon-Ho cemburu. Tapi, apa yang ia dapat, cintanya justru makin membesar sebesar balon udara. Oh, tidak, bukan, bahkan lebih besar dari balon udara! Di satu sisi, Andros si playboy kelas satu itu justru menyerahkan hati sepenuhnya untuk Vivian.

Serba salah. Vivian tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Mengejar dan merebut kembali cinta Seon-Ho atau duduk manis menerima cinta yang melimpah dari Andros? Akankah ada keajaiban yang mampu membuat masalah ini berakhir dengan indah?


Review :

Cinta itu seperti gelembung sabun, cinta itu ringkih sehingga kita harus menjaganya baik-baik. Dan yang terpenting, cinta itu harus transparan karena jika kamu perhatikan baik-baik, di permukaan transparan gelembung sabun itu terdapat percikan warna pelangi yang sangat indah.

Let's make our love just like a bubble love. Let's make it transparent so that we can see the rainbows in our love. And i swear that this bubble love in the most precious love that i will never pop.


Waktu beli novel ini karena lagi survey ada lomba dari penerbit Haru, tapi sayangnya ga jadi ikutan. Dan nama penulisnya sudah tenar di dunia literasi. Namun penggarapan ceritanya terkesan kurang mendetail. Tapi boleh menjadi referensi untuk menulis setting Indonesia-Korea. 

Ceritanya tentang Vivian yang diputuskan Seon Ho sepihak karena Seon Ho mendapat panggilan Gundae wajib militer oleh negaranya. Seon Ho menitipkan pada Andros, dan belakangan ketahuan Vivian kalau dikira mereka telah mempermainkan Vivian. Vivian memiliki sahabat Sinae, Sinae dulu naksir berat sama Andros, Andros sendiri adalah playboy dari segala playboy dan tajir badai. 

Vivian cemburu dengan Minie yang menjadi pacar pura-pura Seon Ho agar sandiwara Seon Ho mulus. Padahal Minie naksir Tae Sik. Murid les bahasa Indonesia Sinae. Di sini cerita diputar-putar dengan kesalahpahaman. Namun akhirnya Minie dan Taesik jadian. Dan Sinae tetap single karena tidak ingin berhubungan lebih dengan Andos yang berkepala besar itu. 

Puncak dari kisah ini adalah Vivian dan Seon Ho yang bertemu kembali di N. Seoul Tower. Tempat yang terkenal sudah mendunia, pemasangan gembok bagi pasangan yang ingin ikatan cintanya tidak pernah lepas. Mengabadi selamanya.

Friday, 23 August 2013

Alhamdulillah lahir buku kedua "Promise, Love and Life"

Kyaaaaaa betapa bahagianya saya mendapati memoar saya lahir juga setelah november tahun lalu 2012 di acc. Buku ini saya tulis 5 hari ketika majikan saya pergi ke luar negeri. Lalu dengan kegigihan ingin bisa bersolo karier, bukan lagi sebagai penulis antologi, dan teman-teman biasanya memanggil saya dengan Ratu Antologi. Alamakkkk ... panggilan itu terlalu berlebihan :D 

Setelah menjadi penghuni facebook yang doyan berceloteh akhirnya saya menunjukkan eksistensi diri, #gaya banget yaks :p 9 bulan terkatung-katung tanpa kabar di penerbit, akhirnya saya cabut naskah tersebut dan lempat ke penerbit lain. Kali itu atas keisengan saya menawarkan naskah ini ke bunda Nurul Asmayani 
Seorang Bunda yang memiliki ketelatenan luar biasa dalam mewujudkan impian. Dalam dua hari novel ini alhamdulillah diterima, dan oleh editor senior harus ditambah beberapa halaman. Dibekali waktu sampai akhir bulan, saya berusaha fokus. Itu kali pertama naskah saya diterima penerbit, Alhamdulillah penerbit besar pula, saya nangis dan langsung telepon Ibu saya, meminta doa restu untuk kelancaran naskah ini. 

Saya ingat betul, waktu itu bertepatan dengan hari lahir saya 6 november, subhanallah kado yang indah. November 2012-Agustus 2013 berapa lamakah saya harus menunggu? penuh dengan revisi, bolak-balik ngedit :D tapi saya bahagia, naskah ini akhirnya memiliki jodoh yang indah. Semoga memoar ini bisa memberi manfaat, hikmah dan keberkahan buat yang membaca. Tidak ada tulisan/usaha yang sia-sia selama kita tidak menyerah dan berhenti di tengah jalan. MANJADA WA JADDA . 

Judul : Promise, Love and Life
Penulis : Ni Penengah Dewanti
Penerbit: QuantaElex Media
Harga : Rp 32.800
ISBN :9786020220352 / 9786020220352
Pre Order silakan : http://www.grazera.com/book/detail/9786020220352/Promise-Love-And-Life

Sinopsis :


Umurku belum genap tujuh belas tahun ketika menginjakan kaki jadi TKW ke Hongkong. Selain umur yang tidak memenuhi syarat, aku tidak memiliki KTP, dan KK. Oleh sebab itu bioadataku dirombak habis-habisan oleh PT yang akan memberangkatkan
ku. Aku bukan lagi warga Jawa Tengah, tapi berpindah menjadi warga Jawa Barat. Nama juga dirubah dan beberapa surat lain. Ketika adikku beberapa bulan lahir bapak meninggalkan kami, aku dan kakak banting setir untuk menghandel keuangan rumah demi bisa memberi sebotol susu dan bubur bayi untuk adik. Kalau KKakak menjadi kuli panggul bambu atau kenek angkot sepulang sekolah. Aku bekerja di warung makan, tetangga.

Rezeki seumpama teka-teki, kerap berlindung disarang misteri. Aku dan keluarga kecilku tidak menyerah. Kami terus berlayar ke negeri impian yang penuh perjuangan, tangisan, dan pengorbanan demi mewujudkan masa depan. Majikan pertamaku suka memukul dan cerewet, majikan keduaku sering menikam dibalik punggungku, majikan ketigaku anaknya pernah mau membunuhku, sanggupkah aku melewati hidup di negeri orang dengan segudang ujian, dari yang Esa? Inilah kisahku, Promise, Love and Life
.

#‎Baca‬ memoarku ya , persembahan dari anak untuk ibu, bapak,kakak, adik, dan malaikat pelindung yang telah banyak menolong.

Bertahun-tahun kita terpisah tanpa kabar
Kesepian memagut tanpa hingar bingar
Pernahkah selindap rasa menggeletar pada hatimu?
Atau gelagak rindu merajuk pilu?
Pernahkah?

Gemeretak gigi mengigil karena dingin
Keriap mata mengerjap-kerja
p kemasukan debu
Di mana pelukkmu?
Di mana perlindunganmu?

Ketika anak-anak lain dengan bangganya menggandeng bapak-ibu mereka
Membawa hasil raport dengan ceria
Di mana kamu?

Ketika pak RT mengetuk rumah mengundang untuk hajatan
“Bapak ada Nduk?” aku menggeleng
Di mana kamu?

Ketika angkutan penuh aku melihat anak itu dipangku di atas paha ayahnya
Kapan aku merasakan itu?

Sungguh aku tak butuh semua itu
Aku hanya ingin,
Izinkan aku memelukmu
Walau satu detik saja
Itu sudah cukup buatku
Membebat rasa

 

Tuesday, 9 July 2013

Review "Waktu" by Ajeng Sastra

Waktu with Ajeng Sastra  

'waktu'

oleh Ajeng Sastra (Catatan) pada 5 Juli 2013 pukul 0:30

-u know lah satnight. jomblo... eh single maksut nya. main nya ke toko buku cari bacaan baru. teenlit baru yang siap mengiris hati *lebay*. yang jelas menggugah deh. setiap beli emang gapernah pandang cover atau apapun. pake feeling. alhasil beli 3 novel. novel "waktu" karya Nyi Penengah Dewanti salah satu nya. udah bikin penasaran bgt deh waktu beli-

Mitha-akrab disapa thatha cewek apa ada nya. duduk di kelas 10 punya dua sahabat yang bener-bener "care" banget sama dia. Janis si fashionista dan Naya yang punya etos kerja keras yang menurun dari ibu nya. hidup nya sih kaya kebanyakan SMA lainnya (eh engga deh. SMA jaman sekarang susah ada sahabat dikala suka-duka). sampai akhirnya suatu pagi Thatha berdebat dengan seorang pria. anak baru lebih tepatnya. dengan piercing disana sini. Delvin

Delvin dan thatha di pertemukan takdir awalnya di gudang sekolah yang terkenal angker. mereka mendapat hukuman membersihkan nya atas perintah Bu Santi. canggung awalnya saat mereka dalam satu ruangan yang bersamaan hingga akhirnya Thatha berkata tentang piercing yang kemudian tak disangka Thatha akan membuat hati Delvin bergejolak. sesaat kemudian ada seseorang melempar sebuah map kedalam dan mengenai ubun-ubun Thatha. dengan sigap Delvin mengusap lembut kepala nya. mulai dari sini Thatha mengetahui bahwa piercing yang menempel ditubuh nya adalah bukti pemberontakan terhadap konflik perceraian papa-mama nya.

seiring berjalannya waktu,Dalvin dan thatha semakin dekat. hingga seorang kakak kelas,Anita melarang nya mendekati Delvin. ia pun mengguratkan tulisan di toilet yang kemudian berbalas. semakin hari terus-terusan berbalas hingga akhirnya tidak lagi terbalas. bertepatan dengan 1 minggunya Delvin menghilang. ia iseng berlari ke gudang dan menemukan sebuah balasan kata-katanya di toilet. delvin memang tidak membalas nya di toilet, namun ternyata di balik pintu gudang. tidak masuk sekolah,tidak ada kabar. di distro nya pun,teman-teman nya tak mengetahui kabar Delvin.

disini,kesabaran dan keteguhan hati Thatha diuji. beberapa kali Delvin sering menelfon melalui temannya di distro. delvin berkata ia akan kembali entah kapan. tapi hati nya selalu terjaga penuh untuk thatha. (re:melted sendiri pas baca)hingga suatu hari setelah sekian lama ia menunggu Delvin. saat pagi hari ia menemukan rangkaian bunga mawar di kolong meja nya. seperti kebiasaan Delvin saat SMP. ternyata dulu semenjak SMP,Delvin selalu mengirimi thatha bunga mawar merah dan menjadi pahlawan saat thatha terjebak hujan.

dilapangan ada banyak bunga mawar di dalam pot yang sengaja dibentuk menjadi "I LOVE U" dan diujung huruf U ada seorang lelaki. yang selama ini di rindukan Thatha. hatinya semakin menggebu-nggebu melihatnya. setelah sekian lama ia meratapi keriunduan nya. disitu,delvin menembak nya dan thatha menerima.
seusai itu, di jam istirahat mereka candle light dinner di siang bolong. di gudang. saksi bisu perkenalan awal mereka.

esoknya mereka menghabiskan hari bersama-sama. menonton,berjalan-jalan.menikmati keindahan pantai. hingga akhirnya kejadian itu mengiris hati Thatha dan Naqi, kakak nya. Kak naqi memang sedang dekat seorang lelaki yang sebenarnya lebih tepat kami sebut bapak. namun karena hati telah memilih thatha rela untuk merestui mereka berdua. saat delvin mengantar pulang thatha bersamaan dengan Pak David mengantar kak Naqi. disitu terungkap bahwa Pak david adalah ayah Delvin. hati delvin geram lalu memutuskan hubungan yang baru saja terjalin selama satu hari itu.

Naqi dan Thatha. dua wanita yang berjuang meneguhkan hati satu sama lain. hidup dalam kepahitan karna ibu yang telah tiada dan ayah yang pergi entah kemana. Thatha berangkat ke hongkong atas keberuntungan nya memenangkan kuis dari majalah Janis. majalah yang membuat Delvin dan Thatha. hatinya gundah dengan semua ini, ia berfikir bahwa dia mungkin akan lebih baik. namun ternyata? guide dari pihak majalah adalah lelaki yang selama ini membuat hatinya bergejolak. delvin. disana justru ia tetap dekat dengan Delvin walaupun itu tanpa sadar karena hati Delvin tetap membatu. meskipun Thatha sudah menjelaskan semua nya.

di sekolah,semenjak pulang dari Hongkong ia terus terbayang-bayang. tapi ia sudah bertekad untuk menghadapi realita bahwa tak selamanya cinta pertama itu indah. namun apa yang terjadi? justru saat ia mencoba untuk melupakan Delvin, belahan hati nya itu kembali datang dan merengkuh kembali cinta nya itu. hatinya masih tetap utuh untuk Delvin. begitupun sebaliknya. cinta sendiri lah yang membawa Delvin kepada Thatha tanpa harus dipertanyakan terlebih dahulu.

-well ini cerita sih mantep banget ya dihati. gue juga loncat-loncat dikasur sendiri pas baca adegan so sweet. delvin yang so sweet bikin gue melted sendiri. keteguhan hati Mitha *kaya gue uhuk*. baca deh kalo mau telusuri lebih dalam-

reader: Ajeng Sastra

Alhamdulillah Novelku"Waktu" Telah Terbit


Judul : Waktu
Penerbit : Zettu
Harga : Rp 34.000

Alhamdulillah, thanks to Allah, keluargaku, dan sahabatku semua
Jangan lupa beli ya :D
mungkin novel ini jauh dari sempurna
tapi kalian adalah penyempurna yang sebenarnya
terima kasih yang telah membeli dan membaca
<3

Friday, 10 May 2013

Book Review "Penjual Kenangan"



Judul : Penjual Kenangan (ketika harap mencari tepi)


Penerbit : Bukune

ISBN : 6022200895

List Price : Rp 40000

Tgl terbit : 00-02-2013

Sinopsis : 


Hidup terlalu singkat, kata seorang kekasih menggugat cintanya yang pergi. Bagaimana jika tak ada lagi cinta esok lusa? Bagaimana jika jauh ternyata tak berapa lama jaraknya?

Kekasih itu menggugat. Ia menangis. Kenangan; satu-satunya yang paling berharga, dimungkiri oleh cintanya. Hidup terlalu singkat, katanya lagi.

Sambil mengemasi sisa-sisa harap dan bersiap pergi.

"Semoga ada persimpangan di depan sana. Agar aku bisa menjual kenangan dan rindu yang menyisa," lirih hatinya, perih.

My review :


Aku mengira “Penjual Kenangan” adalah sebuah novel. Ternyata di dalamnya berisi 11 kumpulan cerpen  yang menyentuh. Membuat hati berdarah-darah *nggak sampai dink, cuma, hmmm … bikin flash back atau mereka-reka apa yang akan terjadi dengan kehidupan, masa depan, dan harapanku nanti.

·         Baiklah cerpen pertama dibuka dengan judul “Carano”. Cerpen ini pernah dimuat di Femina tahun 2007, di sini Carano menempati paling banyak halaman. Cerpen yang memuat unsur lokalitas daerah Minang, di mana Carano sebagai pelengkap, symbol/syarat berlangsungnya sebuah pernikahan. Di cerita awal kita akan menebak-nebak mau dibawa kemana cerita, namun sub bab judul selanjutnya dengan keterangan ‘ruang” masing-masing menggambarkan penjelasannya. Ini tentang kisah cinta yang terjalin lama, ketika wanita mengembara study demi membanggakan orang tua dan kakak lelaki yang telah membiayai hidupnya. Tetapi cinta itu harus kandas, dan kelak kemudian hari mereka di pertemukan. Perasaan seorang ibu juga tergambar dengan apik di mana wejangan yang diberikan amat sangat mengena di hati saya sebagai pembaca.



“Nahkoda selalu yakin esok akan ada matahari, karena mereka tak pernah hilang harapan dilautan yang tak bertepi sekalipun. Ada doa yang menyertai mereka, dari jauh, dari rumah yang mereka tinggalkan. Bersabarlah ... karena suatu hari akan ada kebahagiaan yang kan kau temukan lebih dari semua ini ... “[hal 37] kira-kira begitulah inti wejangan tersebut



·         Dalam Harap Bintang Pagi

“Aku tak menyukai kepergian, selalu ada kehilangan bersamanya …” [hal 66]

Cerita ini semacam cinta yang tidak dapat bersatu. Seorang peri yang tidak memiliki sayap, dan jatuh cinta kepada seorang petualang yang diibaratkan burung.  Saat keajaiban datang pada peri kemudian ia memiliki sayap, ia mencari sang petualang, sampai di sana mereka berbahagia tetapi peri melupakan satu hal. Apakah itu? :p *jreng-jreng



·         Percakapan Nomor-nomor

Mas Tarpin yang bermimpi, dalam mimpinya semua orang, termasuk anaknya berbicara dengan angka, yang tidak ia mengerti. Tulisan yang mereka baca saat di sebuah ruangan juga tulisan angka bukan alfabet. Tapi perlahan penasarannya terjawab, ia dituduh seorang penjahat yang harus ditangkap dan dibunuh. Dalam mimpi itu masa depan Mas Tarmin membayang dan ketika bangun ia harus mengumumkan berapa angka (nomor) yang keluar. Cerita ini memaparkan kerugian dalam membeli togel.  Dalam cerpen ini saya merasakan hentakan-hentakan ketika membaca, sungguh saya suka.



Wednesday, 8 May 2013

Book Review "Sebenarnya Cinta"


Judul : Sebenarnya Cinta

Author :Guntur Alam

List price : Rp 35.000

Penerbit : Rumah Kreasi

ISBN : 0000097179

Tgl terbit : 00-04-2013

My Review:


“Cinta bisa tumbuh perlahan dari kebersamaan. Asal komitmen dan kepercayaan semua bisa berjalan dengan baik” [halaman 182]

Di usia 24 tahun Vivi hanya 2x berpacaran selama hidupnya, saat SMP dan SMA. Masa kuliah ia tidak sempat menikmati masa-masa jatuh cinta. Hidupnya dipenuhi kekangan oleh senior tingkatnya Jiero. Senior yang angkuh, tidak berperasaan, dingin, tetapi ganteng dan menjadi rebutan di sana-sini. Vivi sama sekali tidak tertarik, harinya dihabiskan dengan sahabatnya Beni.
Selepas lulus kuliah Vivi bekerja jadi penyiar radio, lalu memutuskan mendaftar menjadi editor sebuah penerbitan terkenal. Pengalaman Vivi yang nol tidak membuatnya minder ia terus melaju gambling dengan kesempatan. Tak dinyana fortuna itu jatuh dipelukan Vivi, ia diterima, dan impian terwujud. Mimpi yang indah itu tergagalkan oleh kehadiran Jiero, yap senior yang angkuh, cuek, orang yang paling dibenci oleh Vivi menjadi atasannya ditempat itu. Haruskah Vivi resign? Apakah ia sanggup menerima penindasan lagi seperti di kampus dahulu. Otak Vivi berputar-putar flash back ke masa silam.

Kegaharan Jiero perlahan lenyap tergantikan kelembutan yang luar biasa, apakah in I bagian dari rencana Jiero yang baru? Desak Vivi terus menerus dalam hatinya. Tokoh-tokoh dengan karakter lain juga bermunculan, Nadia yang judes selalu menghina Vivi. Maya yang supel, Dani yang baik hati, dan Pak Iben yang bijaksana.

“Sepahit apa pun kejujuran, ia akan lebih manis Daripada kebohongan” [halaman 165]
Vivi menolak ajakan Beni ketika weekend untuk jalan, tetapi Vivi menerima ajakan Jiero untuk makan malam, hati Beni mendadak hancur dan ia sakit. Vivi yang merasa bersalah lalu berusaha mejenguk Beni, pengakuan terpendam Beni mencuat. Begitu juga Dani, lelaki yang dianggap satu-satunya teman, berbagi keluh di kantor kenapa mendadak jadi mengatakan sukanya pada Vivi. Ditembak cowok sekaligus tiga dalam waktu bersamaan tidak mudah. Semuanya berarti, semuanya memiliki tempat di hati tersendiri. 
siapakah nantinya yang akan dipilih Vivi? baca aja kisahnya dan beli segera di toko buku terdekatmu :D

“Karena cinta tidak bisa memilih kemana ia berlabuh” [halaman 156]

Book Review "When I Fall in Love"



Judul : When I Fall in Love

Author : Embart Nugroho

List Price : Rp 26.500

Tgl terbit : maret-2013

ISBN : 9789799112330

Penerbit : Media Pressindo




Sinopsis : 


ku gendut, nggak pede-an, nggak punya cowok...
pokoknya nggak populer!

***

Alda merasa hidupnya benar-benar nggak asik. Ukuran tubuhnya yang terbilang jumbo seringkali menjadi bahan ejekan bagi teman-teman sekolahnya, terutama Benny, cowok usil yang selalu mengganggu Alda. Mereka berdua mirip Tom and Jerry, deh ...


Berangkat dari kekecewaan pada dirinya sendiri, Alda memutuskan untuk mengubah hidupnya. Ia bertekad diet ketat, supaya langsing!


Dibantu oleh Kevin, cowok kenalan Alda yang ganteng banget, akhirnya Alda berhasil mendapatkan bentuk tubuh ideal yang ia impikan, yang membuat iri semua cewek di sekolahnya. Namun saat ia berani untuk mengutarakan perasaannya pada Kevin, cowok itu malah pergi menjauh...


My review:


“Mengalah untuk menang lumrah” [halaman 95]

Leukimia yang menggerogoti tubuh Kevin membuat ia menahan cintanya untuk Alda. Pertemuan tidak sengaja karena kebetean Alda menimpuk minuman kalengnya yang dibuang sembarangan mengenai kepala cowok itu. Alda yang gendut, obesitas, gembrot, mempunyai julukan chuby dsb. Alda yang memiliki musuh bebuyutan; Benny. Sejak SMP keduanya berantem lalu berlanjut kepindahan Benny ke sekolah itu.
Benny yang populer sok kecakepan membuat Alda jenuh, apalagi pasangan Benny yang bernama Erika selalu mengejek Alda. Alda ditolak jadi tim cheerleader karena gemuknya badanya. Unek-unek kesebelan itu dicurahkan ke Kevin, Kevin membantu Alda dengan sepenuh hati. Bahkan berbulan-bulan lelaki itu setia menemani masa diet Alda.

Monday, 6 May 2013

Book Review "Milana"


Judul : Milana ( Perempuan yang Menunggu Senja)

Author : Bernard Batubara

List Price : Rp 40.000

Penerbit : GPU

ISBN : 9792295070

Tgl Penerbitan : 22-04-2013



Sinopsis Buku:

Kali ini saya sudah tahu namanya. Milana. Ia bercerita mengapa ia melukis senja. Dan mengapa ia selalu melakukannya di atas feri yang menyeberangi Selat Bali, dari Banyuwangi ke Jembrana. Ia sedang menunggu kekasihnya. Ia yakin suatu saat kekasihnya akan datang ke tempat ia menunggu. Ia tidak tahu kapan. Ia berkata kepada saya bahwa ia bukan saja yakin, tetapi ia tahu, kekasihnya itu akan datang kepadanya.

Namun, belakangan saya baru sadar, Milana sedang menunggu seseorang yang tiada.
“Benz seperti tukang tenung. Ia menciptakan embun dari kata-kata; saya menikmati sejuk dan beningnya. Saya menyukai cerita pertama kumpulan ini, cerita kedua, ketiga, dst. Ternyata saya menyukai semuanya.” – A. S. Laksana

My Review :


Milana adalah buku kumpulan cerpen pertama Bernard Batubara.  Ada 15 cerpen yang mengaduk-aduk perasaan dan imajinasi saya.  Saya sangat menyukai tulisan beliau, aihh … raranya saya ingin terus tenggelam dalam tulisannya. Membaca berlembar-lembar pun saya tidak akan pernah jemu.

·         Lukisan Kali dan Pohon Tua

“Dalam kesunyian , sesungguhnya kau bisa mendengar ingar-bingar yang merdu
 [hal 11]
Seorang lelaki yang selalu mendengar  suara gadis yang dikirimkan lewar debur kali

·         Beberapa Adegan yang Tersembunyi di Pagi Hari
“Seseorang yang sedang jatuh cinta adalah peneliti yang mahir” [hal 22]
Cerita tentang melodrama dari tepian daun, setitik embun, sebuah puisi, dan Angin

·         Lelaki Berpayung dan Gadis yang Mencintai Hujan
Seorang lelaki  berpayung yang sering memergoki gadis yang menari di bawah hujan. Percakapn di bawah hujan yang menghangat dan sebuah kehilangan yang menyentuh

·         Goa Maria
“Sabar itu ujian dari Tuhan , dan berlangsung selamanya” [hal 49]
Wanto menyelamatkan Suhana yang tercebur dalam kolam renang di Goa Maria. Suhana jatuh cinta namun orang tuanya tidak merestui karena ia anak orang berpunya sedang Wanto anak seorang tukang sayur.  Terdengar desas-desus Wanto menghamili anak orang, Suhana tidak percaya dan mempertanyakan langsung pada Wanto. Suhana patah hati, ia lalu menceburkan dirinya lagi di kolam dan berharap Wanto akan menyelamatkan dirinya lagi.

·        

Book Review "Sorry That I Love You"


Judul : Sorry That I Love You

Author : Aveus Har

List Price : 22.500

Penerbit : Media Pressindo

Tahun Terbit : 00-03-2013
ISBN : 9799112389


Sinopsis Buku:

Ketika berada di dalam kamarku yang penuh dengan impian, aku baru menyadari, jangan-jangan ini petunjuk yang sempurna untuk meneguhkan hatiku. Bahwa demi keseimbangan kosmos, cowok tampan memang seharusnya menjadi pacar cewek jelek. Dan meskipun banyak cowok mengingkari takdir keseimbangan ini, masih ada yang mematuhinya.

Jadi, aku tidak perlu kuatir dengan impianku.

Setidaknya ada fakta bahwa putri buruk rupa pun bisa mendapatkan pangeran tampan. Jadi bukan hal mustahil aku juga bisa mendapatkannya. Dan ramalam Madame Unezo itu akan terbukti.



***

Kata seorang peramal, Yuli akan bertemu dengan cowok tampan, yang bakal menjadi pacar pertama dan terakhirnya, sebelum ulang tahunnya yang ketujuh belas. Si peramal hanya memberi satu petunjuk: celana. Dan dimulailah petualangan Yuli menerjemahkan petunjuk sang peramal, sekaligus mencari cowok yang ada sangkut-pautnya dengan… celana! Berhasilkah Yuli bertemu dengan sang pangeran celana?




My Review : 


“Kita boleh memercayai sesuatu dan memerjuangkannya, tetapi bukan berarti kita harus jadi obsesif kan?  [halaman 45]

Yulia gadis berumur 16 tahun yang bersahabat dengan Romi. Mereka datang dalam acara Ride Off Party, begitu gelisah gadis itu ingin sekali memasuki  tenda peramal yang membuka stand di sana. Madame Unezo seorang peramal cantik yang memberi kata kunci untuk Yulia “dia adalah celana”, maksudnya segala hal yang berhubungan dengan celana, di situlah Yuli akan mendapatkan pasangan
Sebelum ulang tahunnya yang ke 17 Yulia ingin segera lekas punya cowok. Ditemani sahabatnya Dista, Yulia sering nongkrong di mall, berburu cowok yang berkaitan dengan celana, pilhan distro celana menjadi acuan utama Yuli berburu. Tapi semenjak Dista jadian dengan David, Yuli sering diabaikan. Yuli merasa persahabatannya tidak penting buat Dista, ia lebih memilih jalan dan menuruti segala kata-kata David. Yuli mahfum karena mereka baru jadian, tapi lama kelamaan Yuli sadar juga persahatannya bukanlah apa-apa di mata.

“Persahabatan itu seperti untaian kalimat, untuk menjadi untaian itu setiap kata butuh spasi. Butuh jarak” [halaman 93]

Thursday, 25 April 2013

Book Review "True Love"



Judul : True Love
Penulis : Vivie Hardika

Harga : Rp 26.500
Penerbit  : Eazy Books
ISBN : 6027702001
Terbitan : 2013
bisa dibeli di BukaBuku.com 
 
Sinopsis Buku:

Ini rahasia di antara kita. Kita pura-pura menjadi kekasih, agar orang percaya bahwa aku cewek normal, dan kamu tak lagi dikejar-kejar cewek di sekolah karena terlalu lama sendiri.

Awalnya kuanggap ini semua sandiwara. Kau dan aku memainkan peran kita, seolah-olah kita tercipta untuk bersama. Aku berusaha untuk bersikap biasa, namun kian lama pertahananku kian goyah. Aku takyakin bisa menahan perasaan ini lebih lama. Bahwa hatiku begitu terganggu atas ketidakhadiranmu. Bahwa hariku mendadak kacau melihatmu ramah dengan gadis lain. Bahwa seulas senyummu tiba-tiba membuatku gila.

Kamu mungkin menganggapku gila. Tapi cinta memang membuat semua orang gila, bukan? Aku takyakin ini cinta. Namun kini aku tak lagi peduli, apakah ini cinta atau bukan. Aku hanya ingin menjadi yang terakhir untukmu.

Mimpi kecilku ini mungkin tak berarti. Bagimu, kepura-puraan kita sudah lebih dari cukup. Tapi, bagaimana dengan hatiku? Lagipula, bukankah kenyataan yang menyakitkan selalu lebih baik daripada kepura-puraan yang indah?

Myreview : 
 
Raja itu meski bukan artis tapi fansnya bejibun. Idol banget deh di sekolah, pacaran sama Marsha yang pengertian dan nggak pernah ngatur. Raja ini playboy abiesss, nggak tanggung-tanggung dech. Seneng banget tebar pesona.
Karla dan Lily, sahabat baik. Saking baik, deket, sampai timbul gossip lesbi yang dicetuskan oleh Dicky si bigos di sekolah. Padahal Lily udah punya pacar, Dimas namanya. Saat mereka ke toko buku, Lily dan Karla ketemu Raja yang jalan sama Cherly. Hebatnya raja nggak ketahuan sama Marsha. Hingga perpisahan tiba, dan akhirnya cinta harus terlepas.

Book Review "Sweetest Thing"


Judul Novel : Sweetest Thing

Penulis         : Sienta Sasika Novel

Penerbit       :Media Pressindo

ISBN              :0000094668

Harga Novel: Rp 32.000


Sinopsis Buku:

Kenapa gue harus bertemu dengan dia di sini? Apa ini takdir? Atau ini cobaan? Kenapa gue harus ketemu dia di saat kayak gini?pikir Sienta dalam hati. Ia duduk di teras rumah Reyna, melihat matahari terbenam. Lembayung dengan warnanya yang segar terlihat begitu indah.

Sudah empat jam Sienta duduk di teras, memainkan pasir. Berkali-kali ia menulis nama Bintang dan Dido, lalu dihapus kembali. Ditulis lagi, dihapus kembali. Pikirannya sedang kacau. Ia harus memilih. Ini pilihan sulit. Memperbaiki hubungan, atau memulai lembaran baru?

Baru beberapa bulan menikah, Sienta memergoki Bintang, suaminya, bergandengan tangan dengan wanita lain. Sakit hati, ia memutuskan menenangkan diri ke Bali. Rencana honeymoon-nya berantakan. Pernikahannya terancam kandas. Di Pulau Dewata, ia justru bertemu dengan “teman” lamanya. Seseorang yang pernah mengisi hatinya di masa lalu. Seonggok cinta yang belum selesai, yang kini menuntut untuk dituntaskan.

Pada hati siapakah hati Sienta akhirnya berlabuh?

Myreview : 

Sweetest Thing ( pada hati termanis kulabuhkan cintaku)
                Bab pertama kita disuguhi oleh email Sienta untuk sahabatnya. Di sini pikiranku mengembara ke masa lalu saat-saat menimba ilmu, dengan 5 orang sahabat persis dalam novel ini. Berasa reuni kembali dan kehebohan sahabat Sienta : Susi ketika nonton bioskop saat hamil mendadak ingin melahirkan. Apakah benar akan melahirkan di bioskop ataukah hanya gejala? Penasarankan? *kedip-kedip


                Bab selanjutnya disusul flash back ke masa lalu. Saat sahabat Sienta: Ria bisa berkenalan dengan Rico yang ternyata adalah gebetan Susi. Mereka nekat ke Jakarta nonton java jazz, kehebohan terulang lagi ketika mereka menunggu jemputan Jaka&Rico malah diklakson mobil dan digoda oleh mereka, akhirnya mereka berlima lari tunggang langgang. Siapkah mereka? Temukan jawabannya di Bab 2 :p

               

Monday, 22 April 2013

Book Review "Second Chance"

Judul Buku              : Second Chance
 Pengarang               : Glenn Alexei

Penerbit                    : Media Pressindo
Tahun Terbit            : 2012

Jumlah Halaman    : 176 halaman

Harga Buku             : Rp 25.000




Takdirkah yang membawaku ke tempat ini? Bertemu kembali dengan seseorang yang sejujurnya kucintai sejak awal pertemuan kami. Seseorang bersuara emas yang telah memunculkan debaran aneh di dada ini setiap kali kutatap matanya, kudengar suaranya.
Ingin sekali kuberlari mengejarnya, mengharap maaf atas ketololanku di masa lalu. Namun kakiku terasa kaku, mulutku pun mendadak kelu. Aku terlalu malu mengucap rindu.

Oh Tuhan, aku benar-benar mencintai lelaki itu.


Myreview :


Apakah kau percaya pada cinta pandangan pertama? Novel ini jawabannya.
                Perkenalan Yohana di acara lomba paduan suara antar universitas membuat ia berkenalan dengan Robert saat acara makan malam. Rasa penasaran dengan rasa sebuah daging yang lain dari biasa bernama “erwe” membuat Yohana membanting piring yang sedang dipegang secara otomatis.  Yohana tidak terima anjing binatang paling setia di dunia dijadikan menu makanan di Manado. Dari perkenalan tersebut Robert seorang penyanyi solo yang jadi kebanggaan di Manado jatuh cinta kepada Yohana. Dari persahabatan yang mereka bina timbulah benih-benih cinta. 


               

Wednesday, 6 March 2013

Saatnya Memakamkan Kenangan



Saatnya Memakamkan Kenangan
: Nyi Penengah Dewanti

                Suatu ketika sebelum bulan November, kekasihku memutuskan untuk meminangku. Buncah bahagia merajalela di sekujur tubuhku, rasa haru membendung perasaan tiada terkira. Dibalik kesukaran pasti ada kemudahan, tapi bagiku dibalik kemudahan itu tersembul  masalah baru yang harus dipecahkan. Ibu belum menyetujui pinangan itu sekarang dan tahun depan, karena keberadaanku di negeri orang. Meski kecewa aku tetap harus belajar sabar menerima keputusan Ibu, walaupun terluka aku tetap harus belajar tegar merelakan ketentuan Ibu, semua pasti telah diperhitungkan Ibu. lalu bagaimana dengan dia?
                Tak ada alasan lain yang lebih baik kecuali menanggalkan kesedihanku yang terapung, aku bersedia dengan patah melepaskannya. Jika ini memang takdir yang dipilihkan Allah untukku, aku hanya berharap satu hal: semoga ada takdir yang lebih indah dari hari di mana aku melepaskan segenap rasa cintaku untuknya. Berpilin-pilih perih kupendam sendiri ketika kami memutuskan ikatan itu secara baik-baik. Alasan keluarga besarnya yang ingin segera memilikki cucu jadi penguatku, kalau memang jodoh kelak akan bertemu jika tidak, biarkan garis kehidupan yang membimbingku menemukan cinta yang lain yang lebih baik dari ini, amin.
                Dan sekembaliku dari perantauan, bening air mata yang mengalir di pipi seperti tak pernah lelah menangisinya. Rumah, jalan, taman kota, pantai, dan berbagai kenangan terhuyung-huyung memabukkan isi kepalaku. Aku mencoba segala daya menggeser keberadaannya, namun keinginan bertemu menjerat-erat hati.
                Hujan deras yang mengguyur bumi tak menyurutkan langkahku demi pertemuan ini. Di tengah jalan, bensin motorku habis, dengan basah kuyup akhirnya kami bertemu. Dengan cinta yang tak pernah memadam untuknya, dia mengabarkan bahwa telah bertunangan dan akhir tahun akan menikah. Aku merasa nyawaku melayang ke udara, lemas, aku seolah ingin hari ini berakhir saja. Kelopak mata hatiku merasa baru terbuka, melihat lebar ke segala penjuru, bahwa cinta dari manusia bisa hilang kapan saja, tapi cinta dariNya akan berlangsung selamanya.
                Untuk apa aku bertahan menyetia, jika yang kusetiai sudah tak lagi ada di sisi, untuk apa aku terus mencintai jika yang kucintai telah memilih hati lain untuk bersanding nanti. Menangis, mengadu, berpasrah atas segala ujian, dan berusaha bangkit yang bisa aku lakukan sekarang. Bahkan au berusaha menjalin hubungan baru agar rasa sakit itu tertelan, tertutupi dengan sakit-sakit yang lain.
Dan akhirnya aku menyerah, mengembalikkan lagi semua kepadaNya. Biarlah, ini bukan akhir dari segala kisah. Aku harus mengambil hikmah dan pelajaran yang tertuang agar aku bersyukur lebih banyak atas apa yang diberikan Allah. Bersama lafaz astagfirullah, aku meluruskan tali temali yang masih mengikat hati, ya Allah gantilah hatiku dengan hati yang baru yang berseru selalu menujuMu, cintaMu, dan jalanMu, amin.