Thursday, 27 December 2012

:. Proyek Menulis #Kisah1001Mantan .:.

:. Proyek Menulis #Kisah1001Mantan .:.

Kadang saya berpikir, kapan saya bisa menerbitkan buku (lagi). Permasalahan terbesar yang saya hadapi adalah kemalasan untuk memulai. Hal ini karena saya tidak pernah memikirkan target kapan saya harus menyelesaikan tulisan. Selain itu, komitmen dan konsistensi menulis juga menjadi permasalahan tersendiri. Mengingat hal itu, mengawali tahun 2013, saya berniat untuk menyelesaikan satu naskah dalam kurun waktu 3 (bulan). Kenapa harus 3 (tiga) bulan? Karena saya tidak mau membebani diri saya sendiri dengan deadline waktu singkat yang justru akan menjadi bumerang bagi diri-sendiri.
Untuk berbagi keseruan, saya juga mengajak teman-teman yang suka tantangan dalam menulis untuk ikut dalam proyek menulis #Kisah1001Mantan. Kenapa? Karena proyek menulis ini BEDA dengan proyek menulis lainnya. Ya… meskipun mirip sedikit dengan #NaNoWriMo sih. :)
Bedanya apa dengan proyek menulis lainnya?
Seperti yang kita ketahui, proyek menulis bersama selama ini adalah proyek antologi beberapa penulis dengan satu tema dalam satu buku. Nah! Bedanya, dalam proyek menulis #Kisah1001Mantan ini adalah satu tema satu penulis satu buku. Jadi, di akhir proyek menulis ini, peserta akan punya satu naskah yang siap diterbitkan menjadi sebuah buku. Menarik kan?
Untuk lebih jelasnya, simak dulu ketentuannya yuk!
A.    KETENTUAN UMUM 
  1. Proyek menulis #Kisah1001Mantan terbuka untuk siapa saja yang mempunyai keinginan dan komitmen kuat untuk menyelesaikan naskah dan menerbitkannya menjadi sebuah buku;
  2. Naskah adalah karya orisinil peserta;
  3. Tulisan berupa fiksi boleh berbentuk novel atau kumpulan cerpen;
  4. Tema tulisan adalah tentang mantan kekasih”;
  5. Tulisan tidak jauh dengan kehidupan remaja (usia 13 – 20 tahun) dan liku-likunya (dunia sosmed, penggalauan massal, komedi romantis ala remaja, kisah di sekolah/kampus, konflik dengan keluarga, persahabatan, traveling, kejadian ajaib di mall, remaja “ajaib”, dll);
  6. Tidak mengandung unsur pornografi dan menjurus SARA.
B.    KETENTUAN KHUSUS
  1. Proyek menulis #Kisah1001Mantan akan diselenggarakan dari bulan Januari sampai Maret 2013 ;
  2. Setiap minggu (paling lambat hari Minggu pukul 12.00 WIB) peserta wajib mengirimkan naskahnya lewat email ke kisah1001mantan@gmail.com dengan subjek #Kisah1001Mantan Minggu ke-…(yang bersangkutan) – Akun Twitter untuk dikompilasi dan dihitung pencapaian jumlah halaman naskah;
  3. Untuk naskah yang berupa novel, tiap minggunya wajib mengirimkan potongan naskah minimal 10 halaman, tetapi akan lebih baik jika bisa 1 bab, sedangkan untuk kumpulan cerpen, tiap minggunya wajib mengirimkan minimal 1 naskah cerpen utuh dengan minimal 10 halaman.
  4. Peserta yang terlambat atau tidak mengirimkan naskah tepat pada waktunya dianggap mengundurkan diri. Sadis ya? Biarin. :P
  5. Setiap hari Minggu akan dilaporkan pencapaian jumlah halaman masing-masing peserta di blog ini untuk mengetahui progress peserta.
  6. Naskah ditulis dalam format Ms. Word dengan menggunakan kertas ukuran A4, spasi 2, margin 4-4-3-3, font Times New Roman 12.
  7. Hasil akhir yang diharapkan dari proyek menulis #Kisah1001Mantan ini adalah selama 3 (tiga) bulan peserta akan mempunyai 1 (satu) naskah novel utuh atau kumpulan cerpen yang siap untuk diterbitkan. Kece dong ya! :)
  8. Khusus lima orang peserta pertama yang menyelesaikan naskahnya/mencapai target minimal akan dibantu editing dan layout-nya sampai siap diterbitkan lewat jasa self-publishing nulisbuku.com. Asyik kan? :)
Sudah dicermati ketentuannya kan? Kalau kamu berminat dan sanggup konsisten mengikuti proyek ini bersama saya sampai selesai, daftarkan dirimu lewat email ke kisah1001mantan@gmail.com dengan subjek: Pendaftaran #Kisah1001Mantan dengan cukup menyertakan nama/nama pena dan akun Twitter, untuk memudahkan penyusunan daftar nama peserta. Pendaftaran ditutup pada hari Minggu tanggal 30 Desember 2012 pukul 23.59 WIB dan daftar peserta akan diumumkan tanggal 1 Januari 2013.
Nah! Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu, karena peserta terbatas.
Ayo menulis!
Salam kece,
Tentang mantan kadang menyebalkan, tetapi ada kalanya juga menyenangkan

1 comment:

  1. Wish you have Great Holidays and Happy New Year 2013 !

    xoxo
    http://singingthumbelina.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat