Thursday, 2 August 2012

Wawancara dengan Novelist Kezia Evi Wiadji, penulis Because Of You. Part [3]

Haiii guys :D kangen sama gue nggak? bos gue lagi keluar nih, jadi gue bakalan posting part 3nya sekaligus part terakhir wawancaranya. Kesamaan dari Kak Evi dan gue adalah sama-sama orang yang nggak punya waktu tapi pingin berbagi. So buat kamu-kamu yang punya banyak waktu manfaatin banget buat hal-hal yang positif, misalnya nih ini kan bulan ramadhan, tadarus yang banyak-banyak biar pahalanya makin melimpah ruah ^_^  untuk yang lagi nunggu buka puasa, yukk baca-baca hasil wawancara gue :








Berapa lama waktu yang dibutuh untuk membuat novel?proses bikin novel sekitar 2.5 - 3 bulan


Berapa lama menunggu kabar dari penerbit?Untuk B.O.Y, nunggu kabar dr penerbit (puji Tuhan) hanya 2 minggu. Naskah saya diterima penerbit tgl 8 maret, lalu tgl 21 maret saya sudah di telp editor dan di info naskah saya di terima.


Ajegile, 2 minggu guys? rejeki emang nggak pernah ketuker ya, Semangat guys kamu bisa!


Berapa lembar mentahan word novel?halaman kirim mentah ke medpres sekitar 150 hal, 150 hal. A4, spasi 1.5


Harapan yang paling sederhana untuk novel ini apa?
  • Harapan utk novel BOY : langkah awal menuju karya-karya berikutnya.
  • dan di sukai serta diterima oleh penggemar novel
  • Ngomong2 dr td, kamu sendiri sudah baca BOY belum?
  • Krn kalo blm baca, ngga bisa mengupas novelku dgn jitu kan  

    #jLEB banget kata-katanya Kak Evi :( secara gue belum baca guys, tapi sok-sokan wawancara. Karena gue di LN, jadi gue belum bisa ngereviewin novel ini untuk kalian guys, tapi nanti bulan sebelas gue balik ke kampung kok, tunggu review gue ya guys :* itupun kalo ada pulsa di modem --"





Gambarkan sedikit mengenai profile Kakak, biar pembaca tahu Kakak siapa dan bagaimana jika ingin berkenalan dengan Kakak?
Profil ku : karyawan perusahaan swasta. Hobi membaca, travelling, berkebun, nonton film. Suka bunga mawar dan adenium. Suka dengan anjing. Gemar makanan khas solo dan sunda, terutama rujak 
Kalo mau kenalan lgs ke fb ku aja atau ke email : evi.wiadji@gmail.com




Kalimat motivasi apa yang bikin Kakak bangkit ketika Kakak merasa down banget?Kalimat motivasi ya, ada 2 :
Kalo mentok saat menulisn pusingn bete --> kalo org lain bisa, aku pasti juga bisa. Semangat!
Kalo ditolak penerbit --> oke, kali ini di tolak, besok pasti diterima, aku buktikan 



*) Nah guys, dengerin tuh petuah bijak dari Kak Evi, siapapun pasti bisa kalau ada usaha dan mau berjuang mewujudkan apa yang diinginkan, ditolak itu urusan belakang, yang penting kita nggak pernah menyerah, selalu belajar, belajar untuk lebih baik lagi :*


Nah guys ini bagian penting yang harus lo baca!!!


Pernah mengalami writers block? Cara Kakak mengatasinya bagaimana?
Mengalami writer block, pastilah. Semua penulis pasti pernah ngalamin.
Kalo aku sudah mentok, ngga bisa mikir nih, biasanya udahan. jangan maksa mikir. Tinggal aja. Jalan ke mall, atau apalah. Karen ngga bisa mikir lagi bisa jaid kita kecapekan juga. Jangan maksa, buang2 wkt. Hasilnya juga ngga bagus. Siapa tahu dengan santai, pergi kemana, malah dapat ide baru. Tp kalo tetep mentok juga ... Aku biasanya bikin bab selanjutnya, istilahnya lompat bab. Ngga harus urut dr bab 1, 2, dst.Makanya fungsi kerangka/gambaran besar naskah salah satunya ini.
Cont. Kita bikin bab 3 dan mentok. Ngga bisa lanjut lagi. Kita lihat aja kerangka besarnya. Apa yg bisa kita bikin dulu.
Oh, oke, aku bisa lompat ke bab tengah, dimana si A dan si C berantem.
Nah buat aja yg itu. Nanti kalau sudah ngga mentok lagi, bikin lanjutan bab 3 dan tinggal di sambung dgn bab tengah.
Paling ubah dikit, atau permak dikit. Toh ngga keluar dr jalur cerita 




Reward Kakakk untuk diri sendri apa ketika novel ini terbit?
Reward saat BOY terbit : tdk ada reward khusus utk aku pribadi. Tapi yg jelas ada kebanggaan dan kebahagiaan sendiri saat novelku sudah mejeng manis di rak buku gramedia dan tk buku online. Karena sekarang aku menyandang predikat baru, sbg 'pengarang novel' .Setelah itu aku bersyukur kpd Tuhan, krn ini semua bisa terjadi karena pemberian dan kemurahan Tuhan untukku.
Dan reward yang lain adalah Oh, rewardnya dipeluk dan dicium suamiku 


*)Waktu ngebaca reward yang terakhir gue ngakak guys :p soalnya si Kak Evi sambil ngakak juga, jadi mupeng ih, kan guenya masih single :p ada yang mau daftar ga guys? :D


novelist kesukaan Kakak di luar negri dan dalam negeri, alasannya? buku yang paling kk sukai apa, yang paling berkesan sekali?



    • Buku2 luar negeri yg paling aku suka karangan: Laura Ingalls Wilder, Lavyrle Spencer, Sherryl woods, Catherine Anderson dan Robyn Carr. Mereka membuat kejadian sehr2 (dgn setting masa yg berbeda) menjadi cerita yg menarik dan menghayutkan. 'Alau penulis ind suka dgn Ilana Tan. Ceritanya sederhana tp dikemas dgn bhs yg luar biasa.

      Awal mula Kakak bisa terjun ke dunia tulis gimana sih?
      Sejarahnya aku bisa terjun sbg novelis: dr kecil aku suka baca buku. Thn 2011 ada masa dimana aku baca novel benar2 males, ogah. Tiba2 aku justru punya pikiran, knp aku ngga coba bikin sendiri aja. Saat itu teringat ucapan seorg temen (pengarang novel yg bukunya sudah byk diterbitkan oleh GPU), kalau org mau bikin novel bisa, apalagi kalau dia gemar baca novel. Scr otodidak, dr situ aku mulai mencoba bikin novelku sendiri.

      Taraaaa... wawancara tiga partnya 
      selesai guys, semoga apa yang telah 
      di tulis ini bisa menjadi motivasi 
      kamu untuk berkarya, jangan 
      pernah menyerah ya, banyak gagal 
      banyak belajar, see you di postingan 
      gue selanjutnya :*

      salam manis dari Kak Evi dan gue :*

      Adios!

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat