Thursday, 2 August 2012

Wawancara dengan Novelist Kezia Evi Wiadji, penulis Because Of You. Part [2]

Haiiiiii guys, stay tune terus ya di blog gue ya...


Nah ini hasil wawancara gue tadi siang sama Kak Evi. Doi orangnya ramah banget loh guys, padahal gue baru kenal semalam, dan doi nggak keberatan waktu gue minta wawancara untuk berbagi inspirasi tentang novelnya ; BECAUSE OF YOU




Judul : Because of You
Penerbit : Media Pressindo
Terbit : Juli 2012
Genre : Romance

Harga : 24ribu


Apa yang kau rasakan saat tahu lelaki yang kau cintai saat ini adalah dalang kehancuranmu di masa lalu?
Mencintai namun sekaligus membenci. Menyedihkan. Sungguh ini bukan perkara mudah. Setengah mati kau ingin melupakannya, membuang serpihan kenangan manis yang pernah terjadi, di tengah lautan luas dan berharap kau tak akan menemukannya kembali.

Namun sepertinya Tuhan berkehendak lain. Senyuman itu terus mengusikmu, hadir dalam setiap harimu seperti bayangan diri yang selalu mengikuti ke mana pun kau melangkah. Tak bisa kau pungkiri jantungmu masih saja berdebar saat kau dengar namanya disebut. Semu merah di pipimu tak bisa kau tutupi saat momen-momen indah itu hadir kembali. Riuh batinmu masih merapal namanya.

Benar, kau masih mencintainya. Lalu bagaimana dengan masa lalumu? Haruskah kau menguburnya dan menata kembali masa depanmu, bersamanya ?






pertanyaan :

Ide central dari novel ini datangnya dari kakak pas lg ngapain?

soal ide cerita. Ide cerita datang mendadak, wkt di jalan, ngeliat banyak kecelakaan terutama di jalan tol jakarta. Wkt itu aku mikir, kasihan juga keluarga atau org kesayangan yang ditinggalkan

Menurut kakak proses pembuatn novel suka dukanya apa?
Suka duka membuat novel BOY ini : krn novel perdana, baru pertama kali bikin novel, jadi masih takut2, bikinnya butuh waktu lebih lama dari novel kedua. Tapi banyak sukanya, apalagi setelah di info penerbit kalo naskah diterima, jadi lebih semangat utk revisi.



Kenapa memilih judul  Because Of You?
Awalnya judulnya beda, editorku bilang : cari judul lain yang menjual. Nah, cari judul lebih susah mnrt aku, krn hrs mencerminkan semua isi buku. Kebetulan wkt itu pergi naik mobil dan denger lagu di putar di radio. Because of you. Tiba2 pikiran lgs ke buka. Wah, kayaknya ini aja, cuocok banget. Di pandang dari semua tokoh pas nih. Dari sisi mario : krn kamu (mariska) aku jadi ...
Sisi mariska : krn kamu (mario) aku jadi ...
Dan ternyata judul ini disetujui oleh redaksi



Ada tips untuk pemula seperti saya, cara mudah membuat novel ga Kak?
Tips utk teman2 yg baru mau memulai bikin novel, apa ya ...
Yg pasti jangan takut/jadi beban. Enjoy aja. Bikin novel itu hrs dgn perasaan senang. Jangan juga 'maksa' bikin. Kalo ngga ada ide, ya jangan terus di depan komputer. Ide bisa di dpt dr mana aja. Tinggal kepekaan kita.
Trus apa lagi ya, oya, berani. Jgn takut utk mengemukakan ide/pikiran kamu di tulisan, selama tdk menyinggung sara dll, oke aja.
Saat mulai mengetik pertama kali, tidak usah mikirin 'bagus ngga ya kata2ku'. Jalan terus, ketik aja apa yg ada dikepala kamu. Terus ketik. Nanti setelah selesai, entah 1 bab atau bbrp bab. Baru kita periksa 'bagus tdknya kata2 kita'. Krn ini butuh jam terbang. Semakin byk kita menulis artinya semakin kita banyak berlatih. Nanti dgn sendirinya perbendaharaan kata2 kita semakin baik kok. Memang butuh proses. Saya ngga bisa bilang brp bulan brp thn. Masing2 org beda. Ada juga penulis senior yang msh merasa hrs 'mengembangkan' cara penulisan kata2nya supaya pembaca ikut terhanyut dgn ceritanya.





Jadi dari ide tersebut Kakak mengembangkan jd outline ya? Menurut kakak outline itu seberapa perlu untuk seorang penulis novel?
Eit, yg pertanyaan awal kan blm ke jwb semua. Aku lanjut ya, td byk kerjaan, ini pas rehat.
Biasanya kalo aku bikin novel, memang pakai sketsa. Jadi begitu dapet ide, langsung dikembangin. Caranya dgn pakai sketsa itu. Garis besarnya aja. Mis : si cowok A ini nanti bakalan ngejar si cewek B. Ternyata ada saingannya. Mau brp org saingannya. Trus konfliknya apa? Penyelesaiannya bgm? Mau jadian dgn siapa? Itu aku sudah set di awal. Nah itu kerangka besarku. Setelah itu bikin kerangka kecil. Cont : dr pertemuan sd jadian, ada brp kejadian/adengan, sekalian aku bagi2 menjadi brp bab. Oh bab 1 utk apa. Bab 2 mrk ketemuan di mana. Bab 3 mulai pdkt. Kira2 begitu. Nah setelah dirasa lengkap, barulah aku mulai nulis dari nol. So, kerangka/sketsa/bagan itu sangat penting mnrt aku, supaya jalur kita mau nulis apa jelas dan terpola. Itu nanti membantu kita supaya alur cerita kita bagus dan menyambungnya bagus, ngga lompat2. Walaupun nanti kadang2 ditengah jalan, kita bisa sedikit menambah, mengubah kerangka, tp garis besar tetap sama.



Ada hikmah ato pesen ga kak yg disampaikan dalam novel Because Of You?
Pesan novel BOY ini ada 2: (1) semua orang, sejelek apapun karakternya, bisa berubah menjadi baik (asalkan dia mau). (2) mau memaafkan dan mengampuni diri sendiri dan orang lain


Apakah novel ini murni fiksi ato ada pengalaman pribadi yg terselip dari hidup Kakak?
BOY murni fiksi, tdk ada pengalaman pribadi, baik dr cerita maupun karakter tokohnya




Definisi nulis buat Kakak apa? Sejak kapan Kakak menyenangi dunia tulis?
Mulai benar2 bikin novel thn kmrn (2011). Sebelumnya belum pernah menulis apapun.

  • Bagi aku sekarang, bikin novel itu jadi hobi. Pelarian saat bete. Dan perwujudan dari mimpi. Mimpi mau jadi apa, aku bikin dalam novel. Tokoh2nya sesuai yang aku mau. Begitu juga kejadian dan hasil akhirnya. Mungkin beda dengan buku harian ya (aku tidak pernah punya buku harian dr dulu, krn memang tdk suka). Kalo buku harian kan buku curhat. Kalo bikin novel (mnrt aku) lebih ke arah perwujudan mimpi dan angan2 yang boleh dibaca orang ( kalo buku harian kan kagak boleh )




  • Riset apa saja untuk novel Because Of You ?
    Untuk riset, ngga terlalu banyak ya, krn topik ceritanya juga ngga terlalu berat. Krn aku kebetulan kerja, jd tahu tentang dunia kantor (pendukung mariska di ktr). Paling cari tahu di internet tentang amnesia. Itu aja sih.



    Ada tips untuk membuat alur dan dialog agar ngalir ga Kak?
    Supaya dialog mengalir dgn lancar : aku saat bikin 1 adegan, dalam bayanganku, aku masuk di situ, atau justru jd tokohnya. Jadi aku lb bisa menghayati. Kalo sudah menghayati, kan spt kita yg mengalami sendiri, otomatis (semoga ya) percakapan 'normal dan luwes' keluar dgn sendirinya.


    Novel ini persembahan Kakak untuk siapa?
    Novel ini aku persembahkan untuk semua pecinta novel, spesial untuk Bapaku di surga yang sudah memberi aku talenta menulis, suamiku tercinta, keluargaku dan terutama pembaca yang rindu menjadi penulis (pesan : jangan batasi mimpimu dgn logikamu)



    Minat Kakak sebenarnya ke genre apa?
    Kalo genre saat ini tergantung ide. Kebetulan buku pertama idenya dapat utk genre romance. Buku ke dua nanti idenya dapat untuk genre domestic drama. Belum tahu suka yang mana, karena semuanya baru mencoba.


    Because Of You ini romance remaja atau dewasa Kak?
    buku pertama idenya dapat utk genre romance


    Ada pesan ga buat pemula yang baru belajar nulis?
    Pesan utk teman2 yg belajar menulis : harus tekun, jangan putus asa. Jika di tolak penerbit, jgn trus mutung, kapok dan brenti nulis. Justru belajar dr alasan penolakan itu. Trus perbaiki naskah kamu.
    Menulis perlu proses panj dan ketekunan. Sama halnya kita belajar sepeda, tdk bisa lgs sekali naik kita bisa. Perlu proses. Penulis seniorpun, tetap belajar, mengembangkan kemampuan menulisnya. Supaya semakin sempurna, semakin terasah.





    Bagian yang paling Kakak suka di novel ini apa?
    Bagian yg paling aku sukai dr novel ini: sepak terjang mario untuk mendapatkan mariska.
    Caranya unik : arogan tapi manis


    Pernah ga Kakak merasa jatuh cinta dengan salah 1 tokohnya?
    Soal jatuh cinta dgn tokoh, mungkin lebih tepatnya 'suka' dgn tokoh mario. Walaupun tampilan luarnya 'begitu' hehehe, tp kalau sudah jatuh cinta dgn seseorang (dlm hal ini mariska) dia akan melakukan apa saja, termasuk berubah menjadi pribadi yg baik (demi ceweknya)



    **) Masih Ada Part 3nya loh, stay tune terus ya guys... pemilik lapak mau kerja dulu, see you :* ketjupkening.



    0 comments:

    Post a Comment

    Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat