Friday, 20 July 2012

Giveaway #GABlogEmakGaoel : Arti Sebuah Nama

Arti Sebuah Nama
By : Nyi Penengah Dewanti


    Malam ini tersebab sesuatu hal, aku membuka sebuah kotak memori yang selama ini kukunci rapat. Gemboknya yang hampir terlihat berkarat, menampakkan satu sisi ia telah lama tak dibuka oleh sang pemilik.

    Tak mudah untuk membuka begitu saja, dibutuhkan ketabahan untuk menyimak setiap lembar per ingatan tentang semua yang telah terlewati. Aku mengambil nafas pelan, menghembuskan perlahan dengan sebuah doa, Bismillah. Setiap kejadian pasti memiliki tujuan.

    Namanya Nyi Penengah Dewanti, ibunya memanggilnya dengan nama Dewi. Teman-temannya selalu mengejeknya dengan nama; Nyi Blorong, Nyi Pelet, Nyi Basingah, Nyai Ronggeng. Malu, tentu saja. Ia menjadi gadis yang jarang berbaur dengan teman-temannya. Dilahirkan dari rahim ibu yang berdarah asli Bali, menjadi asal muasal penyebab namanya. Ibunya menikah dengan seorang lelaki berketurunan Jawa. Dengan segenap cinta dan mendapatkan hidayah, sang ibu memeluk agama Islam, dan berpindah ke tanah Jawa mengikuti sang suami tercinta.

    “Buk, aku mau ganti nama,” kata Dewi kecil saat usianya 7 tahun.

    “Nama bagus-bagus kok diganti?” ibunya mengerling sebentar ke arah gadis kecilnya yang lucu. Giginya yang tertata rapi membuatnya terpilih menjadi juara dua gigi sehat pada usia 6 tahun. Hadiah uang tunai dan sertifikat masih tersimpan rapi hingga gadis itu dewasa.

    “Dewi malu Buk, tiap kali diejekin terus. Katanya aku titisan Nyi Blorong,” ucap Dewi kecil. Ibunya menggurat senyum, dan gadis kecilnya langsung memanyunkan bibirnya tidak terima.

    “Nyi Blorong itu ratu pantai selatan, terkenal cantik di seluruh jagat. Harusnya Dewi bangga.”

    “Sebenernya arti namaku apa sih Buk?” tanya Dewi kecil sembari mendekat ke pangkuan ibunya ketika melipat baju.

    “Bapak yang kasih nama kamu Nduk, jadi ibu ndak ngerti artinya,” gadis kecil itu kini terdiam dan menunduk. Menyatukan kesepuluh jarinya, meremas-remasnya dengan kidmat. Seperti ada yang tertahan di sana. Mulutnya tak lagi protes meminta jawab.

    Nama apapun yang diberikan orang tua kepada anaknya adalah sebuah doa. Sebuah nama adalah kebanggaan, ada banyak harapan tersemat di dalam sebuah baris nama yang terukir.

    Kini gadis kecil itu tumbuh semakin besar, semakin dewasa, dan semakin bijak dalam memahami. Dia menjadi salah satu gadis di manapun yang mudah dikenali karena keunikan namanya. Ia tidak lagi menjadi gadis yang pendiam, pemalu, dan memilih menjauh ketika berhadapan dengan teman-temannnya. Tidak lagi. Ia tumbuh menjadi gadis yang supel dan disayangi teman-temannya. Ia mengaggap panggilan-panggilan yang tidak disenanginya dahulu menjadi panggilan kesayangan dari teman-temannya.

    Biarlah arti namanya menjadi rahasia yang tertimbun bersama serpihan waktu. Ia tak lagi peduli. Karena gadis itu sadar, tak ada tempat bertanya kecuali dirinya sendiri. Segera disusutnya ujung lancip matanya, embun berbentuk bola bening jatuh berderai satu-satu. (*)

6 comments:

  1. sama, waktu itu juga aku sempet mau ganti nama karena suka dikatain "sakit paraaaah.. sakit paraaaah.."
    padahal pas tau artinya ah indah sekali

    ReplyDelete
  2. hihihi nyi, dulu aku kira itu cuma nama pena, ternyata nama beneran. Tapi malah eksotis gitu loh namanya. Unik dan gampang diinget :).

    aku dulu sering diejekin temanku berangin, angis busuk, angin puting beliung, hahahah, cuej aja tuh

    ReplyDelete
  3. jadi penasaran arti namanya. jangan2 artinya sama kaya nyai.

    ReplyDelete
  4. hem...tnyta nama asli toh. Keren lo namax. Setuju sama mbak windi.

    Nama adalah doa. Tp,apalah arti sebuah nama? #mikir

    ReplyDelete
  5. iiih, namamu unik lhooo....aku suka... :)
    makasih ya nyi dah ikutan #GABlogEMakGaoel
    kamu dapat nomor urut 8, tunggu pengumumannya tanggal 4 agustus yaa.. :)

    ReplyDelete
  6. sama pernah malu juga sama nama ini, pernah minta ganti nama juga waktu mau lulusan SD tapi gak dikasih ma oetu, tapi sekarang malah jadi mudah dihafal orang hehe, tapi tetep aja kalo di dumay pake nama wida aya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat