Tuesday, 10 January 2012

Resensi Buku "Edgar & Ellen : Hewan Langka - Rare Beasts"





Judul : Edgar & Ellen : Hewan Langka - Rare Beasts
Penulis: Charles Ogden
Penerbit: Matahari
Tgl terbit: 2007-03-00
Price: Rp 24.500

Sinopsis Buku:
Kenakalan Edgar dan Ellen sudah terkenal di kota Nod's Limbs. Kali ini, si kembar nakal itu mulai bosan dengan kenakalan yang "biasa-biasa saja". Mereka ingin membuat sesuatu yang luar biasa, namun itu butuh biaya.

Tayangan acara televisi memberi mereka ide untuk membuka toko hewan langka agar bisa mendapat banyak uang. Berhasilkah si kembar menjalankan aksi mereka?

Simak rencana gila mereka untuk mendapatkan binatang paling langka di dunia!
***
"Lucu, lucu, lucu! Cerita yang fresh dan menyenangkan!"Dimas Beck (Artist)

"Petualangan menakjubkan dua bocah nakal yang kehi-langan figur orangtua. Menegangkan sekaligus menghibur. Benar-benar cerdas."Majalah Hai

"Asli, si kembar ini bandel banget! Lucu, apalagi in the end kita bisa ketawa coz theyve to pay 4 what theyve done."Majalah Aneka Yess!

Resensi By Nyi Pede :

    Cerita dibuka pada waktu sudah larut tengah malam. Ellen mengecat wajah Edgar dengan cat warna merah. Lalu mereka saling menjegal dari atap tergelincir ke bawah sungai, basah kuyup. Seolah mereka sedang terluka parah.

    Nod’s Limb adalah kota bersejarah dan tempat berbelanja yang menarik. Ellen dan Edgar adalah saudara kembar. Rambut Ellen dikuncir menggantung melampau dagu yang lancip, sedang Edgar memiliki rambut pendek, dan sedikit rambut panjang di belakang yang dibiarkan agak panjang. Kulit mereka pucat, mata keduanya besar, dan wajah mereka kaku. Ellen lebih tua 2 menit 13 detik saat kelahiran mereka 12 tahun lalu.

    Seluruh warga Nod’s Limbs tahu kenakalan dua anak itu. Mereka pernah meninggalkan Artie Anderson yang berumur 9 tahun di atas pohon paling tinggi di daerah itu. Dengan menjanjikan bahwa ia bisa masuk ke rumah pohon yang paling menajubkan. Meraka membujuk Sara Bergstaff untuk menggali emas di halamannya hingga mematahkan septic tank keluarganya.

    Permainan petak umpet membuat mereka jenuh dan ingin bermain permainan baru yang lebih menantang. Sebuah tayang televisi tentang binatang menciptakan ide menarik di kepala mereka. Mencuri binatang peliharaan Nod’s Limbs menjadikan binatang curian itu binatang yang paling eksotis dan mahal. Ada anak kucing, hamster, anjing pudel, kelinci, kadal, dan ular pynton. Semuanya dimasukan dalam karung goni.

    Di bawah lampu jalan sekumpulan anak-anak menangis, menjerit, meratapi hewan peliharaan mereka hilang. Tapi di dalam kamar si kembar jerit angis yang menggema mengantarkan mereka berdua tidur pulas.

    Esoknya hewan-hewan yang telah dihias rapi itu di bawa dengan kereta berkarat yang teronggok di pojok rumah. Berjalan menyusuri pelataran jalan, berhenti dan memajang hewan-hewan itu.

    Hilang Bain Bean anak anjing. Hubungi Ritchie 555-8328

    Tolong! Saya kehilangan kelinci cokelat – Kyle 555-9896

    Mereka kelihatan senang, tapi satu yang mereka abaikan pengumuman ular phyton itu luput dari pandangan keduanya “Kata hati-hati selalu menarik perhatian mereka, karena sesuatu yang menyenangkan biasanya terjadi”.( Ellen dan Edgar)

    Apakah dagangan mereka akan laris? Seluruh hewan peliharaan yang telah dirombak habis-habisan menjadi hewan eksotis penuh dengan hiaasan-hiasan aneh. Beberapa pembeli terkaget-kaget dengan nominal yang mereka minta. Setiap pembeli yang tidak jadi mereka usilin dengan ban mobil dipasangi paku. Ibu-ibu penjual susu di beri obat urus-urus perut. Tukang pos yang diberi beban batu oleh Edgar. Semua diceritakan dengan lucu, pada bagian-bagian tertentu kita akan dibuat geleng-geleng kepala. Anak seumur 12 tahun bisa membuat kekacauan kota.

    Ular phyton yang terikat terbangun merasa lapar. Apakah ia akan menelan hewan-hewan yang berada di dalam kandang? Atau akan lepas memangsa anak-anak yang sedang berkerumun melihat dagangan mereka?  Dan ular tetaplah ular.

    Setiap cerita sedikit tidaknya menampilkan sisi yang kurang sreg di hati pembaca. Dan saat aku membaca, bagaimana bisa si kembar ditinggalalkan orang tuanya berkeliling dunia? Kenakalan-kenakalan yang tidak seharusnya terjadi pada anak umur 12. Happy reading guys.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat