Wednesday, 4 January 2012

Not In The Mood

Bete. Suntuk. Bad Mood. Ide sama sekali tidak keluar. Dibela-belain begadang juga tidak keluar idenya. Untuk menuliskan kalimat pertama saja sulitnya tak terkira. Kadang ide sudah didapat, tetapi bingung dimana harus memulainya. Setiap penulis pasti pernah mengalami hal ini. Ada banyak cara untuk mengatasi hal ini. Namun di bawah ini akan dijelaskan dua cara sederhana untuk mengatasinya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memaksa diri Anda untuk menulis. Ketika Anda membaca ini, mungkin Anda akan mengatakan ini adalah cara paling konyol yang bisa Anda temui. Lha, orang sedang susah menulis koq dipaksa menulis. Memang cara ini tidak bisa mujarab untuk semua orang, tetapi sedikitnya Anda bisa mencobanya.

Anda harus memaksa diri untuk menulis apa saja. Semua yang Anda alami, tulislah. Semua yang Anda ingat, tulislah. Jangan pedulikan kalau tulisan Anda salah ketik, salah tata bahasanya. Biarkan mengalir apa adanya. Kali ini Anda hanya menulis untuk diri sendiri, tidak ada orang lain yang akan membacanya. Setelah Anda menulis beberapa paragraf, boleh jadi suatu ide akan muncul dan Anda akan lancar menulis kembali.

Cara yang lain berlawanan dengan cara sebelumnya. Kali  ini janga paksa diri Anda untuk menulis. Tutup buku Anda, matikan komputer, lakukan kegiatan lain selain menulis. Berjalan-jalan, membaca, atau apa saja. Yang penting, jangan pikirkan sedikitpun tentang tulisan Anda. Rileks. Setelah pikiran Anda segar, maka ide akan mudah muncul di benak Anda.

oleh Didik Wijaya

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat